Home / Pilkada / Pasangan JR-Ance Kembali Lengkapi Berkas Pendaftaran
WOL Photo
WOL Photo

Pasangan JR-Ance Kembali Lengkapi Berkas Pendaftaran

MEDAN, WOL – Pasangan JR Saragih dan Ance Selian kembali melengkapi berkas pendaftaran di Kantor KPU Sumut, Rabu (10/1), setelah berkas pasangan tersebut tidak diterima KPU Sumut pada pendaftaran hari kedua, Selasa (9/1) kemarin.

“Saat ini pasangan JR-Ance sedang melengkapi berkas, mudah-mudahan semua lengkap,” ujar Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga kepada Waspada Online Rabu (10/1).

KPU Sumut sebelumnya pada Selasa (9/1) kemarin, tidak menerima pendaftaran bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut JR Saragih-Ance Selian karena banyak dokumen pribadi dari paslon tersebut belum lengkap.

Setelah diperiksa oleh tim sekretariat KPU Sumut selama kurang lebih satu setengah jam, Ketua KPU Sumut Mulia Banurea mengumumkan bahwa berkas individu paslon tidak lengkap sehingga harus dikembalikan untuk dilengkapi kembali.

Sementara untuk syarat pencalonan seperti SK dukungan dari parpol pengusung tidak ada masalah karena semuanya telah memenuhi perayaratan.

Sementara Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga, menambahkan ada 5-6 item syarat calon yang belum lengkap dan mayoritas adalah milik calon wakil Gubernur Sumut Ance Selian.

Diantaranya, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari KPK baik JR Saragih maupun Ance tidak ada. Kemudian surat keterangan pengadilan tidak pernah dipenjara, surat keterangan tidak memiliki utang, surat keterangan tidak punya tanggungan pajak dari kantor pajak, dan surat keterangan dari pengadilan tentang tidak pailit.

Benget menjelaskan, berdasarkan PKPU No 15 tahun 2017 dan Surat KPU RI No 17 tahun 2017 tentang Prosedur Pencalonan, seluruh syarat calon tersebut harus dilengkapi pada saat pendaftaran. Terkait dokumen syarat calon yang diterbitkan intansi lain, misalnya LHKPN oleh KPK minimal ada tanda terima sebagai bukti bahwa surat tersebut sedang diproses.

“Begitupun surat keterangan dari pengadilan yang belum terbit KPU menerima tanda bukti bahwa surat dimaksud sedang dalam proses. Karena itu KPU menunggu hingga berakhirnya masa pendaftaran yakni Rabu (10/1) sampai pukul 00.00 WIB agar pasangan tersebut melengkapi dokumen dimaksud,” pungkasnya. (wol)

Check Also

WOL Photo/M. Rizki

27 Juni Mendatang Seluruh DPT Wajib Bawa KTP

MEDAN, WOL – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, menerima kunjungan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.