Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Pasangan Capres-Cawapres Diingatkan Segera Serahkan LHK
foto: istimewa

Pasangan Capres-Cawapres Diingatkan Segera Serahkan LHK

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak mau ketinggalan riuhnya pendaftaran calon presiden dan wakil presiden hari ini, Jumat (10/8).

Melalui Direktur Pemeriksaan dan Pendaftaran LHKPN, Cahya Harefa, KPK meminta para capres dan cawapres tak lupa melaporkan harta kekayaannya (LHK) sebagai salah satu syarat pencalonan.

“Kami sampaikan bahwa dasar hukum laporan kekayaan capres dan cawapres adalah yang pertama uu no 42 tahun 2008 tentang pemilihan umum presiden dan cawapres salah satu syarat untuk mencalonkan presiden dan cawapres adalah tanda terima LHKPN,” kata Cahya saat menggelar konpers di Markas KPK, Jumat (10/8).

Jadi, tanda terima LHKPN ini secara spesisifik dalam aturan kpu sebagai salah satu syarat calon.

Cahya meminta, agar para capres dan cawapres tak melampirkan laporan harta kekayaannya diakhir-akhir pengumuman capres-cawapres oleh KPU.

“Agar mengetahui syarat calon itu kira-kira sampai sekitar tanggal 20 atau 21 Agustus. Kami mengimbau ke para calon presiden dan calon wakil presiden untuk tidak mepet,” ungkapnya.

Sejauh ini, empat orang atau dua pasang calon sudah pernah melaporkan hartanya ke KPK. Meskipun harus diperbaharui.

“Kalau kita lihat atas nama Pak Jokowi itu selama ini juga lapor sebanyak 7 kali terakhir beliau lapor pada 31 Desember tahun 2017,” bebernya.

Untuk Prabowo, KPK sudah melakukan verifikasi laporan hartanya dan sudah dinyatakan lengkap.”Mungkin nanti hari Senin sudah bisa kami umumkan,” cetusnya.

Sementara cawapres Prabowo, Sandiaga Uno, juga tercatat dua kali melaporkan jumlah hartanya.

“Kalau bapak Ma’ruf Amin selama ini sudah pernah lapor di tahun 2001 saat itu beliau sebagai anggota DPR dan nanti juga akan melaporkan kembali,” kata Cahya. (inilah/ags/data2)

Check Also

Jokowi Blak-Blakan Soal Isu Kriminalisasi Ulama yang Kerap Menyerangnya

  JAKARTA – Selain isu mengenai antek asing dan anggota PKI, Presiden Joko Widodo juga ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: