_
Home / Warta / Politik / Partai Golkar Dinilai Berpeluang Besar Dapat Jatah Kursi Ketua MPR
Ilustrasi Sidang Tahunan MPR (Foto ANTARA)

Partai Golkar Dinilai Berpeluang Besar Dapat Jatah Kursi Ketua MPR

agregasi

 

JAKARTA – Pengamat Politik, Pangi Syarwi Chaniago menilai Partai Golkar berpeluang besar mendapatkan ‎kursi Ketua MPR periode 2019-2024. Hal itu, kata Pangi, berkaca dari perolehan jumlah kursi di parlemen. Partai Golkar sendiri memperoleh jumlah kursi terbanyak ketiga di parlemen.

“Golkar yang berhak dapat kursi Ketua MPR kalau dilihat dari jumlah kursi di parlemen,” kata Pangi kepada Okezone, Kamis (8/8/2019).

Menurut Pangi, jabatan Ketua MPR saat ini sudah tidak sekuat zaman dulu pasca-adanya amandemen konstitusi. Pangi berpandangan, kewenangan MPR terbatas dan bukan jabatan yang strategis.

“Dalam kacamata ini posisi Ketua MPR sebetulnya bukan jabatan yang strategis, tak perlu diperebutkan,” ucapnya.

Kendati demikian, dituturkannya, posisi Ketua MPR mempunyai nilai tersendiri atau gengsi yang berlebih bagi kader parpol yang mendapatkannya. ‎Sayangnya, lagi-lagi, jabatan Ketua MPR hanya sebagai kiasan dan tidak mempunyai daya tawar.

“Dari segi kewenangan, kita bisa lihat turunnya marwah level MPR menjadi lembaga ‘tinggi negara’, hampir tidak punya daya tawar ‘bergaining position’ apa-apa,” terangnya.

Belakangan, parpol sedang memperebutkan posisi Ketua MPR pasca-pemilu 2019 berakhir. Sejumlah partai yang memperebutkan kursi empuk pimpinan MPR tersebut yakni, PKB, Golkar, PPP, dan Gerindra.

Pangi mengaku mendapatkan bocoran nama-nama kandidat dari sejumlah parpol yang akan mengisi kursi Ketua MPR. Sejumlah kader parpol yang mencuat untuk mengisi Ketua MPR yakni, Ahmad Basarah (PDIP), Muhaimin Iskandar (PKB), Lodewijk Freidrich Paulus (Golkar), Arsul Sani (PPP) dan Ahmad Muzani (Gerindra).

“Adapun nama-nama di bursa ketua MPR RI sejauh ini yang sudah mulai menguat belakangan seperti Ahmad Basarah (PDIP), Muhaimin Iskandar (PKB), Lodewijk Freidrich Paulus (Golkar), Arsul Sani (PPP) dan Ahmad Muzani (Gerindra),” katanya.

Check Also

Sejumlah Nama Baru Calon Menteri Jokowi Mencuat Versi Survei Pemilih

JAKARTA – Sejumlah nama kandidat calon menteri Kabinet Kerja jilid II terus bermunculan pasca-penetapan Joko ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.