Home / Warta / Mancanegara / Paraguay Pindahkan Kedubes dari Yerusalem ke Tel Aviv, Ini Balasan Israel
Foto: Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (EMMANUEL DUNAND/AFP)

Paraguay Pindahkan Kedubes dari Yerusalem ke Tel Aviv, Ini Balasan Israel

TEL AVIV,Waspada.co.id – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memerintahkan penutupan Kedutaan Besar Israel di Paraguay pada Rabu (5/9/2018). Keputusan itu diambil beberapa jam setelah pemerintahan baru Paraguay memutuskan untuk memindahkan kedutaan besar negaranya dari Yerusalem ke Tel Aviv.

Channel News Asia mengabarkan, keputusan Presiden baru Paraguay Mario Abdo Benitez menjadi pukulan bagi upaya Israel untuk mendapatkan pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota negara tersebut.

“Saya menginstruksikan Kementerian Luar Negeri untuk menutup Kedutaan Besar Israel di Paraguay,” kicaunya di Twitter. Sebelumnya, mantan Presiden Paraguay Horacio Cartes mengikuti langkah Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang memindahkan kedubes negara ke Yerusalem.

Diwartakan AFP, Cartes bahkan bergabung dengan Netanyahu pada upacara pembukaan kedubes baru di Yerusalem pada Mei lalu. Sementara, Abdo Benitez yang saat itu merupakan presiden terpilih mempertanyakan keputusan pemerintahan sebelumnya.

Dia mengeluh karena tidak dilibatkan dalam keputusan tersebut. Kebijakan pemindahan kedubes Paraguay dari Yerusalem ke Tel Aviv sebagai langkah upaya mewujudkan perdamaian di Timur Tengah. “Saya tidak berpikir (pemindahan kedubes) ini akan mengganggu saudara-saudara dan rekan-rekan Israel kami,” kata Menteri Luar Negeri Paraguay Luis Castiglioni.

“Ada lebih dari 85 negara yang tetap menempatkan kedubes mereka di Tel Aviv dan kami merupakan sekutu bersejarah Israel,” ucapnya.

Namun, Trump mematahkan kebijakan pemerintah AS selama beberapa dekade dengan memindahkan kedubes ke Yerusalem pada 14 Mei lalu, sehingga menuai aksi protes di perbatasan Gaza. (cnn/data1)

Check Also

Muscam DPK KNPI Medan Marelan Diharapkan Berjalan Lancar

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua DPD KNPI Kota Medan El Adrian Shah SE, didampingi Wakil Ketua ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: