Newsticker
WOL / Warta / Mancanegara / Pangeran Jepang Dikukuhkan sebagai Kaisar Awal 2019
Pangeran Naruhito bersama Kaisar Akihito (Foto: Kim Kyung-hoon/Reuters)
Pangeran Naruhito bersama Kaisar Akihito (Foto: Kim Kyung-hoon/Reuters)

Pangeran Jepang Dikukuhkan sebagai Kaisar Awal 2019

Benner-Erry
agregasi
agregasi

 

TOKYO – Pemerintah Jepang sedang merancang dasar hukum yang akan mengizinkan Kaisar Akihito untuk turun takhta dan digantikan oleh putra mahkota Naruhito dalam jangka waktu dua tahun saja. Sebagaimana diberitakan, kaisar berusia 83 tahun itu menyatakan keinginan turun takhta pada Agustus 2016 dengan alasan kesehatan.

Jabatan Kaisar Jepang saat ini tidak memiliki kekuasaan secara politik. Namun, di dalam konstitusi Negeri Matahari Terbit, kaisar tetap dianggap sebagai simbol negara dan persatuan masyarakat. Di bawah undang-undang yang saat ini berlaku, seorang kaisar tidak diizinkan untuk turun takhta.

Namun, seperti dimuat Reuters, Rabu (11/1/2017), pemerintah tengah mempertimbangkan dasar hukum agar Kaisar Akihito bisa turun takhta dan Pangeran Naruhito naik takhta pada 1 Januari 2019. Akihito sendiri akan turun takhta pada 31 Desember 2018 atau 1 Januari 2019.

Agustus 2018 akan menandai 30 tahun Akihito berkuasa sebagai Kaisar Jepang setelah mewarisi takhta dari ayahnya Kaisar Hirohito yang meninggal dunia pada 1989. Panel berisi ahli hukum diharapkan segera membuat rekomendasi secepatnya pada tahun ini. Pemerintah kemudian akan menyerahkan undang-undang khusus kepada parlemen mengenai turun takhta tersebut secepatnya pada musim semi (Maret-Mei 2017).

Mayoritas anggota parlemen diyakini akan memilih untuk mengizinkan Kaisar Akihito turun takhta. Akan tetapi, sejumlah media melaporkan Negeri Sakura tidak punya cukup waktu untuk mempersiapkan abdikasi pada 2018. Jika transisi kekaisaran dilakukan pada 1 Januari 2019, maka hal itu akan meminimalkan ketidaknyamanan.

Sesuai dengan kebudayaan Jepang, mereka akan memberikan nama pemerintahan yang berlaku setelah sang kaisar naik takhta dengan menambahkan lamanya ia bertakhta. Nama pemerintahan Akihito adalah Heisei dan tahun ini adalah Heisei 29.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.