Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Pakar Hukum: KPK Jangan Tunda Usut Korupsi Kepala Daerah
Istimewa
Istimewa

Pakar Hukum: KPK Jangan Tunda Usut Korupsi Kepala Daerah

JAKARTA, WOL – Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis menilai sikap KPK yang tak mau menunda proses hukum terhadap calon/kepala daerah sudah tepat.

Margarito menjelaskan, lembaga penegak hukum seperti KPK memang tidak punya aturan menunda penyelidikan hingga penyidikan terhadap siapapun dan dari unsur manapun.

“KPK tidak perlu menunggu karena memang tidak ada aturan yang mengaturnya, sehingga tidak beralasannya juga bila KPK menunggu,” katanya, Senin (5/2) malam.

Justru Margarito menyarankan KPK mempercepat proses hukum yang diduga melibatkan calon/kepala daerah. Penundaan pemeriksaan terhadap kepala daerah yang di duga melakukan tindak pidana korupsi misalnya itu bukan perintah UU, melainkan kebijakan dari pimpinan kepolisian.

“Nah KPK sejauh yang saya tahu tidak memiliki kebijakan itu, sehingga tidak ada alasan bagi mereka menunda pemeriksaan kepala daerah yang diuga melakukan tindak pidana korupsi,” ungkapnya.

Soal perlu tidaknya pertimbangan keamanan dan kondusifitas selama pelaksaan Pilkada serentak, Margarito menegaskan tugas itu sudah ada porsinya. Dan bukan tugas KPK. “Saya tidak melihat faktor itu sebagai satu hal yang patut dipertimbangkan. Soal itu menurut saya bisa dikelola oleh aparat keamanan,” tandasnya. (inilah/ags/data1)

Check Also

okezone.com

ICW Minta KPK Juga Fokus Pengembalian Uang Korupsi E-KTP

  JAKARTA – Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Tama S Langkun menilai penanganan perkara korupsi ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.