Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Padang Sidempuan Diguncang 2 Gempa Bumi Susulan
foto: Illustrasi
foto: Illustrasi

Padang Sidempuan Diguncang 2 Gempa Bumi Susulan

agregasi
agregasi

 

MEDAN – Gempa bumi tektonik kembali guncang Kota Padang Sidempuan. Tercatat pada Selasa (18/7/2017) telah terjadi 2 kali gempa susulan setelah gempa berkekuatan 5,5 SR yang merusak 60 rumah.

Kabid Data dan Informasi BMKG Wilayah 1, Syahnan mengatakan, dua gempa itu terjadi pada pukul 00:28:55 WIB dengan kekuatan gempa 3,4 SR dengan posisi episenter pada koordinat 1,69 lintang utara dan 99,20 bujur timur, tepatnya di darat pada jarak 15 km arah Barat Laut dari Padangsidempuan, Sumatera Utara, pada kedalaman 10 km.

Gempa kedua terjadi pada pukul 12.39 WIB dengan kekuatan 2.9 SR di darat 12 kilometer Barat Laut Tapanul Selatan dengan kedalaman 10 kilometer.

“Gempa susulan kekuatannya lebih rendah dari gempabumi utama pada 14 Juli kemarin,” ujar Syahnan, Selasa 18 Juli 2017 malam.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi susulan setelah dipicu kejadian gempa bumi utama 5,5 SR yang terjadi pada tanggal 14 Juli 2017 pukul 08:25:16 WIB.

“Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kota Padang Sidempuan diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertanggung jawab. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai barat Sumatera Utara dan sekitarnya diimbau agar tidak terpancing isu mengingat gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” pungkas Syahnan.

Check Also

foto: Illustrasi

Gempa 5,1 SR Guncang Kepulauan Talaud

  MANADO – Gempa berkekuatan 5,1 skala richter (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.