Home / Warta / OJK / OJK Terbitkan Buku Standar Produk Musyarakah dan Musyarakah Mutanaqishah
Istimewa

OJK Terbitkan Buku Standar Produk Musyarakah dan Musyarakah Mutanaqishah

Agregasi
Agregasi

 

JAKARTA, WOL – Buku Standar Produk Musyarakah dan Musyarakah Mutanaqishah ini sebagai salah satu upaya standarisasi produk perbankan syariah secara serial yang dilakukan oleh OJK berkerjasama dengan pelaku industri dan Dewan Syariah Nasional serta nara sumber lainnya.

Hal itu dilakukan guna meningkatkan layanan dan kualitas produk bank syariah serta memberikan jaminan rasa aman dan kenyamanan dalam konteks perlindungan konsumen perbankan
syariah.

OJK melalui Departemen Perbankan Syariah telah melaksanakan program kerja 2014 berupa penyusunan review standar produk Musyarakah dan Musyarakah Mutanaqishah untuk “memperbaiki kualitas layanan dan keragaman produk”. Selanjutnya, hal tersebut ditetapkan sebagai salah satu arah kebijakan OJK yang tertuang dalam Roadmap Perbankan Syariah
Indonesia 2015-2019.

Selain memudahkan otoritas dalam proses perizinan dan pengawasan, Standar Produk Musyarakah dan Musyarakah Mutanaqishah ini diharapkan dapat memberikan pedoman atau referensi standar yang dapat membantu industri dalam pengembangan dan pelaksanaan produk.

Buku Standar Produk ini merupakan pelengkap dari Buku Kodifikasi Produk yang telah disampaikan pada tahun lalu kepada industri perbankan syariah melalui Surat Edaran OJK No. 36/SEOJK.03/2015 tentang Produk dan Aktivitas Bank Umum Syariah VI Standar Produk Perbankan Syariah Musyarakah dan Musyarakah Mutanaqishah dan Unit Usaha Syariah sebagai ketentuan lebih lanjut dari Peraturan OJK No.24/POJK.03/2015 tentang Produk dan Aktivitas Bank Syariah dan UUS, yang lebih bersifat penjelasan teknis operasional produk secara lebih rinci dan komprehensif.

Penerbitan Buku Standar Produk ini diharapkan dapat memberikan kepastian hukum dan transparansi produk yang mendukung perlindungan konsumen melalui pemenuhan prinsip syariah, prinsip kehati-hatian, good governance dan kepatuhan market conduct sehingga dapat meningkatkan daya saing dan pertumbuhan industri perbankan syariah.(hls)

Check Also

OJK Dorong Pemda Manfaatkan Perbankan Syariah

MEDAN, WOL – Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  menggelar pameran produk dan jasa dan jasa perbankan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: