Home / Warta / OJK / OJK Minta Pensiunan Waspadai Investasi Bodong
Ilustrasi (okezone.tv)

OJK Minta Pensiunan Waspadai Investasi Bodong

Agregasi
Agregasi

 

 

DENPASAR, WOL –  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta para calon pensiunan di Bali untuk mewaspadai tawaran investasi bodong dengan iming-iming bunga yang tinggi.

Kepala OJK Kantor Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara Zulmi di Kuta, Kabupaten Badung, Kamis (16/6), menjelaskan, untuk meningkatkan kewaspadaan itu pihaknya melakukan edukasi dan literasi keuangan, khususnya kepada pegawai yang memasuki masa pensiun dan karyawan lain yang masih aktif.

“Jangan sampai nanti pada saat pensiun, ada oknum tidak bertanggung jawab menawarkan produk di bidang keuangan dengan iming-iming luar biasa dan mereka tergiur,” katanya saat menghadiri seminar OJK bertajuk “Bijak Kelola Keuangan-Pensiun Sejahtera,” katanya, mengutip Antara.

OJK menyampaikan edukasi dan perlindungan konsumen menyangkut kewaspadaan investasi ilegal, pengelolaan keuangan seperti perencanaan keuangan bulanan, serta manfaat dan risiko dari produk layanan dari lembaga jasa keuangan dengan menghadirkan narasumber dari perwakilan OJK, BPJS Ketenagakerjaan, Bursa Efek Indonesia (BEI) Denpasar dan Bank Mantap (Mandiri, Taspen, Pos).

Melalui seminar itu, para calon pensiunan dan karyawan dapat menerapkan prinsip kehati-hatian saat mengelola keuangan dan mewapadai investasi bodong  atau ilegal.

Zulmi lebih lanjut menjelaskan bahwa laporan terkait dana pensiun yang masuk ke OJK di Bali belum ada, namun pensiunan yang menempatkan dananya di tempat yang salah alias ilegal masih sering terdengar.

Dia mengungkapkan bahwa dari sekitar 211 laporang yang masuk tahun 2015, 14 di antaranya merupakan laporan dari para pensiunan yang menempatkan dananya atau berinvestasi di lembaga yang bodong.

(hls/data3)

Check Also

OJK Catat Dana Pensiun Masih Ketinggalan

MEDAN, WOL – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, kinerja Industri Jasa Keuangan Nonbank (IKNB) Dana ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: