Newsticker
WOL / Warta / Mancanegara / Obama: ISIS Melemah, Tapi Masih Ada
foto: AP
foto: AP

Obama: ISIS Melemah, Tapi Masih Ada

WASHINGTON, WOL – Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, mengatakan perlawanan terhadap kelompok yang menyebut diri Negara Islam ISIS mengalami kemajuan.

Pun demikian, Obama tetapi memperingatkan bahwa kelompok itu masih mengancam. Ketika kelompok jihadis kehilangan wilayah kekuasaan, Obama mengatakan ada sinyal perubahan untuk melakukan serangan di luar negeri.

“Kemungkinan adanya aktor yang melakukan aksi sendirian atau sel kecil yang membunuh orang adalah nyata,” katanya baru-baru ini menambahkan jaringan di AS mungkin diaktifkan.

Obama memberikan keterangan mengenai perkembangan terbaru itu kepada wartawan setelah rapat di Pentagon. Berbicara setelah pertemuan dengan pejabat tinggi militer dan keamanan nasional, Obama mengatakan ISIS “tidak tak terkalahkan”.

“Faktanya, mereka pasti akan dikalahkan,” kata sang presiden memperkirakan bahwa kelompok militan itu akan kalah di Raqqa – yang diklaim sebagai ibukota mereka – Suriah, setelah kehilangan kekuasan di Mosul Irak.

Presiden Obama juga mengatakan ISIS “tidak mengalami kesuksesan besar dalam operasi di Suriah atau Irak di sepanjang tahun”. Karena itu, presiden kulit hitam itu mengatakan bahwa sangatlah penting untuk tidak takut.

“ISIS masih belum dapat mengalahkan Amerika Serikat atau mitra Nato kami,” pungkas Presiden AS ke-44 tersebut.(wol/aa/bbc)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Baca Juga

foto: Istimewa

Jaksa KPK Butuh Bukti Baru Ungkap Kasus Korupsi e-KTP

JAKARTA, WOL – Pengamat hukum tata negara, Margarito Kamis, menilai terlalu dini Jaksa KPK menyebut ...

  • Rismayanti Maulana

    Daulah islamiyah tidak akan melemah dengan gempuran para tentara kafir, semangat mereka malah bertambah dan semakin ganas,
    salam transparan.org

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.