Home / Warta / Mancanegara / Nodai Islam, Mahathir Kecam Hukum Cambuk di Depan Umum
Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad (Reuters)

Nodai Islam, Mahathir Kecam Hukum Cambuk di Depan Umum

KUALA LUMPUR, Waspada.co.id – Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad kemarin mengecam hukuman cambuk di depan umum terhadap dua muslimah lesbian berusia 22 dan 32 tahun yang ditangkap April lalu oleh polisi syariah karena akan berhubungan seks di dalam sebuah mobil.

Kedua perempuan itu dicambuk di depan lebih dari 100 orang di pengadilan syariah Senin lalu. Salah satu perempuan itu menangis setelah mengakui kesalahannya.

Hukuman cambuk di Negara Bagian Terengganu itu menjadi yang pertama dilakukan terhadap kaum sesama jenis di Malaysia.

Mahathir mengatakan dia sudah membahas kasus ini dengan jajaran kabinetnya dan mereka sepakat hukuman cambuk tidak mencerminkan keadilan dan toleransi dalam Islam.

“Ini menjadi citra buruk bagi Islam dan menurut kami jika ada kasus serupa makan kita harus pertimbangkan untuk menjatuhkan sanksi lebih ringan,” kata dia, dalam sebuah video yang beredar di media sosial, seperti dilansir laman Free Press Journal, Kamis (6/9).

Perdana Menteri berusia 93 tahun itu menuturkan hukuman cambuk tidak memperlihatkan Islam yang penuh kasih sayang dan pengampunan.

“Sangat penting untuk menunjukkan Islam bukan agama yang kejam atau mempermalukan orang,” kata Mahathir.

Kedua perempuan itu bulan lalu mengaku bersalah melanggar hukum syariah dan dihukum enam kali cambukan serta denda sebesar 3.300 ringgit atau setara Rp 11 juta.

Negara Bagian Terengganu dipimpin oleh partai konservatif PAS yang tidak masuk dalam koalisi di tingkat nasional. Pemerintah Terengganu menyebut hukuman itu bukan bermaksud untuk menyakiti kedua perempuan itu tapi memberi pelajaran kepada mereka supaya bertobat.

Kelompok organisasi pembela hak asasi mengecam hukuman terhadap kaum Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT).

“Ini hari yang buruk bagi pembela LGBT dan hak asasi di Malaysia,” kata Rachel Chhoa-Howard, peneliti dari Amnesty International di Asia Tenggara. (merdeka/data2)

Check Also

Mahathir: Malaysia Tidak Terima Perkawinan Sejenis

KUALA LUMPUR, Waspada.co.id – Pemerintah Malaysia menegaskan tidak dapat menerima perkawinan sejenis atau lesbian, gay, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: