Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Nicke Widyawati Tak Penuhi Panggilan KPK
Juru bicara KPK Febri Diansyah (Foto: Dok Okezone)

Nicke Widyawati Tak Penuhi Panggilan KPK

agregasi

 

JAKARTA – Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah memastikan bahwa Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina Persero, Nicke Widyawati tak penuhi panggilan pemeriksaan hari ini.

“Saksi Nicke tidak datang hari ini,” kata Febri melalui pesan singkatnya, Senin (3/9/2018).

Febri menjelaskan, pihaknya telah menerima informasi ketidakhadiran Nicke pada hari ini. Berdasarkan informasi yang diperoleh Febri, Nicke sedang ada jadwal rapat pemegang saham PT Pertamina sehingga tidak bisa datang ke KPK.

“Tadi disampaikan ke penyidik tidak bis‎a memenuhi panggilan penyidik karena ada jadwal rapat pemegang saham. Akan dijadwal ulang,” terang Febri.

Nicke sendiri sedianya akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai mantan Direktur Perencanaan PT PLN. Nicke akan dikorek keterangannya sebagai saksi terkait kasus dugaan suap kesepakatan kontrak kerjasama proyek pembangunan PLTU Riau-1 untuk tersangka Idrus Marham.

Selain Nicke, KPK juga memanggil sejumlah saksi lainnya yakni, CEO Blackgold Natural Resources, Rickard Philip Cecil, Kepala Satuan IPP PT PLN, M Ahsin Sidqi, serta Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN, Supangkat Iwan Santoso.

Kata Febri, ketiganya telah hadir memenuhi panggilan pemeriksaan pada hari ini. Pemeriksaan terhadap CEO Blackgold Natural Resources, Rickard sendiri untuk mendalami peran perusahaannya dalam kesepakatan kontrak kerjasama PLTU Riau-1.

“KPK mengonfirmasi pengetahuan saksi terkait engan peran PT Blackgol Natural Resources dalam pembangunan PLTU Riau-1,” kata Febri.‎

Dalam perkara ini, Idrus Marham telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap kesepakatan kontrak kerjasama proyek PLTU Riau-1. Selain Idrus, KPK juga telah lebih dulu menetapkan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eni Maulani Saragih dan bos Blackgold Natural Resources Limited, Johannes B Kotjo.

Idrus diduga mengetahui penerimaan uang yang diterima dari Eni Saragih dari Johannes B Kotjo. Bahkan, Idrus juga diduga telah dijanjikan mendapatkan jatah sebesar 1,5 Juta Dollar Amerika jika meloloskan perusahaan Kotjo di proyek PLTU Riau-1.

Check Also

Kehadiran Nicke Widyawati ke KPK Diharapkan Cepat Selesaikan Kasus Suap PLTU Riau-1

  JAKARTA – Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati yang memenuhi panggilan pemeriksaan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: