Breaking News
Home / Warta / Politik / Ngotot Presidential Threshold 20%, PKS: Pemerintah Rugi Sendiri
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Ngotot Presidential Threshold 20%, PKS: Pemerintah Rugi Sendiri

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyesalkan ancaman pemerintah yang akan menarik diri dari pembahasan Rancangan Undang-Undang Pemilu (RUU Pemilu). Tindakan itu dinilai akan merugikan pemerintah, terutama penilaian dari masyarakat yang ingin RUU Pemilu segera selesai dan hasilnya memihak kepada rakyat.

“Saya menyesalkan adanya wacana untuk menarik diri itu, itu pasti akan kontra produktif dan justru akan menampilkan posisi pemerintah yang tidak bagus di masyarakat yang menginginkan RUU tentang pemilu itu segera diselesaikan,” Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (16/6/2017).

Pemerintah, melalui Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berniat ingin menarik diri bila keinginannya soal presidential threshold tak diakomodasi. Pemerintah ingin ambang batas pencalonan presiden itu 20% kursi di DPR atau 25% suara nasional.

Wakil Ketua MPR itu menilai sikap pemerintah itu menunjukan bahwa selama ini bukan DPR yang menghambat penyelesaian RUU Pemilu. Pemerintah seharusnya paham RUU ini penting bagi masyarakat. Pasalnya, butuh aturan yang berbeda karena Pileg dan Pilpres 2019 akan berlangsung serentak.

“Kalau pemerintah menarik diri akan muncul kekosongan hukum, mau pakai apa Pemilu 2019 yang serentak itu dengan waktu yang sangat mepet,” ujar dia.

Persoalan lainnya yakni tahapan penyelenggaraan Pemilu 2019 yang harus segera dipersiapkan KPU. Menurut Hidayat, KPU juga ingin RUU Pemilu bisa segera selesai. “Jadi jangan sampai Pemerintah dituduh menjadi penghambat pembahasan ruu pemilu dan yang dinilai komitmen untuk menyukseskan itu menurut saya pemerintah itu melanjutkan DPR,” pungkas Hidayat.

Check Also

lustrasi Okezone

Pengamat: PT 20 Persen Tak Sesuai Akal Sehat

JAKARTA, WOL – Pengamat politik Voxpol Center Pangi Syawi Chaniago menilai penggunaan presidential threshold atau ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.