Home / Warta / Mancanegara / Najib Razak Jalani Pemeriksaan di Komisi Anti-Korupsi Malaysia
Foto: Reuters

Najib Razak Jalani Pemeriksaan di Komisi Anti-Korupsi Malaysia

agregasi
agregasi

 

KUALA LUMPUR – Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak hari ini menjalani pemeriksaan di markas Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) di Putrajaya. MACC telah meminta Najib yang kalah dalam pemilihan umum bulan ini, untuk menjelaskan mengenai pemindahan dana mencurigakan senilai USD10,6 juta (sekira Rp150 miliar) ke rekeningnya.

Jumlah itu hanyalah sebagian kecil dari miliaran dolar yang diduga diselewengkan dari dana perusahaan investasi pemerintah 1 Malaysia Development Berhad (1MDB). Skandal korupsi tersebut terus menerus menghantui pemerintahan Najib dalam tiga tahun terakhir dan turut menjadi salah satu alasan utama kejatuhannya dalam pemilu 9 Mei lalu.

Mahathir Mohamad yang naik menjadi perdana menteri baru Malaysia menyusul kemenangan dalam pemilu tersebut membuka kembali penyelidikan mengenai skandal 1MDB yang telah ditutup oleh Najib dan bersumpah untuk mengembalikan uang yang tersedot dari dana pemerintah itu.

Sejak itu Najib dan istrinya Rosmah telah menjadi subjek penyelidikan dan mengalami rangkaian perlakuan layaknya tersangka kasus kriminal, mulai dari mendapat larangan meninggalkan Malaysia, sampai penggeledahan polisi di sejumlah lokasi yang memiliki kaitan dengan keduanya, termasuk rumah dan apartemen Najib di Kuala Lumpur.

Dengan pengawalan penjaga keamanan, Najib terlihat memasuki markas MACC di Kuala Lumpur melalui deretan jurnalis yang telah berkumpul. Reuters, Selasa (22/5/2018) melaporkan, Najib yang mengenakan kemeja dengan kerah terbuka dan jas biru tampak tersenyum saat memasuki gedung.

Sejak skandal 1MDB terungkap pada 2015, Najib telah berulangkali menyatakan dirinya tidak bersalah atas tuduhan yang ditujukan kepadanya. Namun, dia melakukan beberapa langkah kontroversial selama masa pemerintahannya termasuk mengganti jaksa agung dan memecat beberapa pejabat MACC untuk menghentikan penyelidikan.

Dia mengatakan, dana USD68 juta (Rp963 miliar) yang disetorkan ke rekeningnya merupakan sumbangan dari salah seorang anggota kerajaan Arab Saudi. Namun, saat ini penyelidikan MACC berfokus pada dana sebesar USD10,6 juta yang ditransfer dari SRC International ke rekening Najib.

SRC dibentuk pada 2011 oleh pemerintahan Najib untuk mengejar investasi luar negeri dalam sumber daya energi. SRC merupakan unit 1MDB Sampai kemudian dipindah ke kementerian keuangan pada 2012.

Beberapa saat menjelang pemeriksaan hari ini, pengacara Najib, Datuk Harpal Singh Grewal mengundurkan diri dari kasus ini. Dalam pernyataan kepada Malay Mail, Harpal Singh mengatakan bahwa dia dan M. Athimulan kini tidak lagi mewakili Najib dan tugasnya telah diambil oleh tim pengacara baru yang dipimpin Datuk Mohd Yusof Zainal Abiden.

Harpal tidak menjelaskan mengapa dia menarik diri di saat pemeriksaan terhadap Najib akan berlangsung.

Check Also

Utang Perhiasan Rp218 Miliar, Istri Najib Razak Bakal Dituntut

KUALA LUMPUR, Waspada.co.id – Rosmah Mansor, istri mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, akan segera ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: