Home / Warta / Teknologi / Motor Retro Pabrikan China, Harganya di Bawah W175?
Istimewa

Motor Retro Pabrikan China, Harganya di Bawah W175?

Waspada.co.id – Salah satu motor bergenre retro yang tengah ramai di Indonesia saat ini adalah Kawasaki W175. Namun, pesaingnya satu per satu mulai muncul, seperti Viar Vortex series, Benelli Motobi series, dan GPX200 Legend dari Malaysia. Tak lupa Loncin AC300 asal China dengan desain menyerupai yamaha XSR-700.

Ternyata, masih ada lagi motor berkonsep serupa dari China bernama Lifan KPM200. Desainnya cukup unik, memadukan warna biru muda dengan strip putih dan jok coklat tua khas motor jadul (zaman dulu).

Meski kental dengan nuansa lawas, teknologi yang disematkan justru modern, seperti LED headlight bulat dan LED DRL (daytime running light) yang bentuknya menyerupai tanduk kerbau, serta lampu sein menyerupai ujung anak panah.

Masih di sektor depan, Lifan KPM200 mengandalkan suspensi upside-down. Stangnya dibuat panjang dan sedikit tinggi supaya memiliki aura street-tracker dan dilengkapi spion bar-end atau spion jalu di kedua ujungnya.

Nuansa street-tracker juga disumbangkan oleh velg jari-jari dan ban berprofil dual-purpose di depan serta belakang. Keduanya dikawal dengan rem cakram. Lampu belakangnya pun sudah menggunakan teknologi LED.

Uniknya, speedometer motor China ini tidak berada di area stang, melainkan terletak di samping kiri. Komponen ini justru bernuansa modern karena sudah mengaplikasikan model digital. Selain itu, knalpot Lifan KPM200 berbentuk hexagonal dengan cover berwarna matte silver.

Lifan KPM200 menopang mesin 1-silinder 198cc berpendingin udara dengan tenaga sebesar 16,7 hp dan torsinya mencapai 17 Nm. Dapur pacu ini disokong sistem pengabutan injeksi dan tangki bahan bakar berkapasitas 13 liter.

Mengutip dari Newmotor.com.cn, di China, motor ini dibanderol CNY15.357 atau sekitar Rp33 jutaan (Kurs CNY1 = Rp15.357). Harga tersebut tak jauh berbeda dengan Kawasaki W175 yang dipatok Rp29,8 juta untuk varian standar dan versi SE Rp31,1 juta. (otosia/data1)

Check Also

Wakapolsek Awasi Personil Cek Fisik Ratusan Motor Diduga Hasil Kejahatan

MEDAN, Waspada.co.id – Wakapolsek Medan Sunggal, AKP H Enan Surbakti SH, mengawasi personilnya melakukan cek ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: