Home / Warta / Mancanegara / Mobil Konsulat Saudi Ditemukan Terlantar di Luar Istanbul
foto: Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki (Yasin AKGUL / AFP)

Mobil Konsulat Saudi Ditemukan Terlantar di Luar Istanbul

ISTANBUL, Waspada.co.id – Kendaraan diplomatik milik konsulat Arab Saudi ditemukan terlantar di pinggiran kota Istanbul, Turki, berhari-hari setelah pembuuhan Jamal Khashoggi terjadi.

Petugas keamanan menjelaskan kepada televisi pemerintah Turki bahwa kendaraan itu ditemukan di distrik Sultangazi, sebuah wilayah dipinggiran kota Istanbul, seperti dikutip Anadolu.

Investigator Turki telah tiba di gedung parkir bawah tanah dimana kendaraan itu dilaporkan ditelantarkan selama berhari-hari, seperti dilaporkan media setempat.

Pejabat berwenang juga merilis foto dari seseorang yang tak dikenal yang tampak keluar dan masuk kendaraan sedan Mercedes-Benz E-Series keluaran tahun 2011 itu beberapa hari setelah pembunuhan terjadi seperti disebutkan stasiun TV pemerintah.

Pejabat Saudi bersikeras bahwa pembunuhan itu terjadi tak sengaja setelah usaha untuk meyakinkan Khashoggi kembali ke Saudi gagal. Sehingga menimbulkan kepanikan dan berusaha menutupi usaha pembunuhan itu dari pemerintah Turki dan pemimpin Saudi.

Namun bukti mengenai kendaraan ini memberi petunjuk bahwa skema penutupan pembunuhan ini jauh lebih luas dan kompleks. Penutupan pembunuhan ini diperkirakan jauh lebih luas dari geografi Istanbul dengan kerangka waktu yang lebih panjang sejak kematian Khashoggi pada 2 Oktober lalu.

Kemungkinan lebih banyak juga orang yang terlibat dalam pembunuhan itu, tidak hanya 15 orang tim Saudi yang telah diekspos oleh media Turki.

“Pihak berwenang Turki 100 persen yakin bahwa ini bukanlah kesalahan prosedur operasional atau operasi jahat,” jelas koresponden koran pemerintah Turki Daily Sabah di Washington kepada The Independent.

“Faktanya, tim ini tiga dengan cara yang sangat mewah di hari pembunuhan dan itu mengindikasikan bahwa pembunuhan ini terencana,” jelasnya.

“Jelas orang-orang Saudi sedang berusaha menutupi jejak mereka dengan menggunakan banyak mobil. Bahkan pada hari kedatangan untuk konsulat, mereka menggunakan tujuh mobil yang berbeda. Pada tingkat operasional, mereka mencoba melakukan pekerjaan sesuai yang didiktekan, tetapi gagal menjelaskan detailnya.”

Turki telah terus memberikan bocoran mengenai investigasi soal pembunuhan Khashoggi dan dalam pidatonya nanti, Erdogan bersumpah untuk membeberkan lebih banyak detil.

Polisi dilaporkan tengah meminta izin untuk melakukan penggeledahan mobil itu dari kantor kejaksaan dan konsulat jendral Arab Saudi. Masih belum jelas apakah izin telah diberikan atau belum.

Investogator terus menelusuri kasus hilangnya Khashoggi pekan lalu dan terus mencari berbagai kendaraan konsulat. Mereka juga menggeledah kantor konsulat Saudi dan rumah konsulat jenderal.

Hingga saat ini, jasad Jamal Khashoggi juga belum ditemukan. Laporan mengenai ditemukannya kendaraan konsulat yang ditelantarkan ini bersamaan dengan laporan adanya orang yang menyamar sebagai Khashoggi tampak meninggalkan gedung konsulat setelah kematian wartawan itu.

Penyamar ini menggunakan baju, jaket dan celana wartawan itu. Beberapa hari setelah Khashoggi menghilang, Saudi bersikeras bahwa wartawan itu telah meninggalkan gedung konsulat mereka. (cnn/data2)

Check Also

Trump Buka Peluang Rombak Kabinet

WASHINGTON, Waspada.co.id – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan negaranya akan mengajukan calon duta ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: