Home / Warta / Teknologi / Mobil Kepresidenan Rusia Diproduksi Masal, Berapa Harganya?
foto: istimewa

Mobil Kepresidenan Rusia Diproduksi Masal, Berapa Harganya?

WASPADA.co.id – Pada bulan Mei 2018 lalu, limusin kepresidenan Rusia terbaru telah melakukan debutnya saat pelantikan Vladimir Putin. Tak lama kemudian, versi massal dari mobil tersebut dirilis pada gelaran Moscow Auto Show 2018.

Mengutip dari Autocar.co.uk, mobil bernama Aurus Senat itu merupakan produk pabrikan lokal. Nantinya, Senat ditawarkan dalam dua varian, yaitu sedan dan limusin.

Secara garis besar, desain Aurus Senat terinspirasi dari pabrikan mobil mewah asal Britania Raya, Rolls-Royce. Terlihat dari bentuknya yang seakan-akan merupakan satu bagian utuh sehingga terlihat elegan dan eksklusif.

Menurut sumber yang sama, model standarnya memiliki panjang 5.630 mm dengan jarak sumbu roda 3.300 mm. Sementara itu, varian limusin Aurus Senat memiliki panjang 6.630 mm dan jarak sumbu rodanya bertambah menjadi 4.300 mm.

Berlanjut ke sisi interior, kabin Aurus Senat terlihat begitu mewah dengan penggunaan jok kulit premium, beberapa panel kayu, dan aksen metalik. Dashboard mobil ini juga dilengkapi dengan headunit display lebar dan instrumen panel digital.

Kemewahannya juga terasa di kabin belakang dengan penggunaan reclining seat dan meja lipat. Aurus Senat tentunya dibekali lemari pendingin kecil lengkap dengan gelas kristal dan sistem audio terbaik.

Aurus Senat hadir dalam dua pilihan mesin, salah satunya ialah V8 4.400cc yang disokong oleh motor listrik. Dapur pacu bertenaga 590 Tk ini dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis 9-percepatan dan hanya membutuhkan waktu 6 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari kondisi diam.

Selain itu ditawarkan pula mesin V12 6.600cc. Konfigurasi ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 848 Tk, jauh di atas Rolls-Royce Phantom, 563 Tk.

Kabarnya, Aurus Senat akan mulai dijual di Rusia pada awal tahun 2019 mendatang dan siap masuk ke pasar internasional. Sayangnya, belum ada harga pasti mengenai mobil ini. Namun, Kementerian Industri dan Perdagangan Rusia menyatakan bahwa banderolnya akan 20 persen lebih rendah dari Bentley dan Rolls-Royce.

Sebagai perbandingan, saat ini, mengutip dari Oto.com, harga termurah Rolls-Royce Phantom di Indonesia mencapai Rp20 miliar, sementara Bentley Mulsanne Rp16 miliar. Dengan kata lain, harga terrendah Aurus Senat akan berkisar mulai Rp13-16 miliar. (oto/data2)

Check Also

Riset Generasi Baru, Avanza Ambil Masukan Konsumen Tanah Air

Waspada.co.id – Generasi terbaru Avanza adalah salah satu produk yang digadang-gadang bakal hadir dalam waktu dekat. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: