Home / Warta / Politik / MK Nyatakan Siap Hadapi Gugatan Sengketa Pemilu 2019
Mahkamah Konstitusi (Foto: Ilustrasi)

MK Nyatakan Siap Hadapi Gugatan Sengketa Pemilu 2019

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua Hakim Konstitusi, Anwar Usman menyatakan kesiapan Mahkamah Konstitusi kemungkinan adanya gugatan sengketa Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 17 April. Pernyataan Anwar itu disampaikan dalam pidatonya usai melantik Aswanto sebagai Wakil Ketua MK masa jabatan 2019-2012 di Mahkamah Konstitusi.

“Kami para hakim konstitusi bersembilan dan seluruh aparatur mahkamah menyatakan siap untuk menghadapi dan perselisihan hasil Pemilu sekira nanti ada yang ajukan permohonan,” ujar Anwar, Jakarta Pusat, Selasa (26/3).

Mengutip pernyataan Jusuf Kalla yang mengatakan Pemilu tersulit di dunia adalah Indonesia, Anwar mengamini hal tersebut. Luas dan banyaknya wilayah Indonesia menggelar Pemilu menjadi kompleks, terlebih secara serentak, pertama kali dilakukan Indonesia.

Kendati demikian, Anwar menuturkan pihaknya berkomitmen menyukseskan Pemilu secara transparan dan akuntabel. Sebab menurutnya kesuksesan Pemilu tidak hanya sekedar ditandai lancarnya penetapan masa kampanye sampai pemungutan suara para, melainkan juga proses sengketa yang mampu diselesaikan dengan baik.

“Saya ingin kembali menegaskan kesuksesan pemilu bukan hanya kelancaran kampanye hingga pemungutan suara tetapi ditentukan juga sengketa hasil pemilu dapat diselesaikan lagi-lagi dengan mekanisme yang akuntabel,” ujarnya.

“Da yang terpenting Pemilu serentak betul-betul akan melahirkan manfaat bagi seluruh bangsa,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui untuk pertama kalinya Indonesia melaksanakan Pemilu secara serentak yaitu pemilihan Presiden-Wakil Presiden, Legislatif.

Ada 16 partai politik nasional menjadi peserta pemilihan legislatif dan dua pasang calon Presiden-Wakil Presiden. Pemungutan suara akan dilakukan pada 17 April disusul rekapitulasi suara pada 18 April hingga 22 Mei. (merdeka/ags/data2)

Check Also

Prabowo Tak Akan Temui Luhut, Ini Alasannya

JAKARTA, Waspada.co.id – Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto disebut tidak akan menemui utusan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: