_
Home / Warta / Politik / MK Kabulkan Permohonan Uji Materi Abdullah Puteh
Ketua Majelis Hakim Konstitusi, Arief Hidayat (foto: Ist)

MK Kabulkan Permohonan Uji Materi Abdullah Puteh

“Ketentuan tersebut merupakan bentuk pengurangan hak atas kehormatan, yang dapat dipersamakan dengan pidana pencabutan hak-hak tertentu,” ujar Hakim Konstitusi.

Selain itu berdasarkan Putusan Mahkamah Nomor 4/PUU-VII/2009 tanggal 24 Maret 2009, seorang mantan narapidana dapat mencalonkan diri sebagai kepala daerah bila memenuhi syarat tertentu, antara lain mengumumkan secara terbuka di hadapan umum bahwa yang bersangkutan pernah dihukum penjara.

“Ini diperlukan agar rakyat atau para pemilih mengetahui keadaan yang bersangkutan,” kata Hakim Konstitusi.

Sebagaimana dikabarkan, mantan Gubernur Aceh yang berniat maju lagi dalam Pilkada 2017 nanti, Abdullah Puteh, ternyata telah mengajukan gugatan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK) atas Pasal 67 Ayat (2) Huruf g UU Pemerintahan Aceh (UUPA). Rabu (20/7) lalu, gugatan tersebut sudah mulai disidangkan.

Kuasa Hukum Abdullah Puteh, Heru Widodo, sebelumnya mengatakan, gugatan itu diajukan secara perorangan atas nama Ir H Abdullah Puteh yang pernah menjabat Gubernur Aceh satu kali periode tidak selesai, dan pernah dijatuhi hukuman pidana selama 10 tahun dan selesai menjalani hukuman 2009. Abdullah Puteh terseret kasus korupsi pembelian helikopter.

Menurut, Heru, Pasal 67 Ayat (2) Huruf g UUPA sangat merugikan Abdullah Puteh, oleh karena berlakunya pasal tersebut telah menghalang-halangi hak konstitusional Pemohon untuk maju dipilih menjadi kepala daerah di wilayah Provinsi Aceh.

Sedangkan di dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota tidak lagi mensyaratkan tentang larangan bagi mantan terpidana dalam perkara yang ancaman hukumannya lebih dari lima tahun.

Hal yang sama juga disampaikan kuasa hukum lainnya Supriyadi Adi, di Mahkamah Konstitusi. “Ada yang tidak sinkron. Pasal 67 ayat (2) huruf g ini tidak sinkron dengan UU Nomor 8/2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota,” kata dia.

(ant/ags/data2)

Check Also

Ini Hasil Perolehan Suara Pilkada Aceh di 11 Kabupaten dan Kota

  BANDA ACEH – Memasuki tahapan rekapitulasi suara di tingkat kabupaten/kota, Komisi Independen Pemilihan (KIP) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.