Home / Warta / Mancanegara / Mirip Hitler, Duterte Kunjungi Memorial Holocaust
foto: hindustan times

Mirip Hitler, Duterte Kunjungi Memorial Holocaust

YERUSALEM,Waspada.co.id – Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, mengunjungi memorial Holocaust di Israel. Dalam kunjungannya itu, Duterte menyebut agar bisa mengambil pelajaran dari peristiwa mengerikan ini.

Holocaust sendiri merujuk pada peristiwa pembunuhan besar-besaran pada Perang Dunia II oleh Jerman. Pada 2016, Duterte sempat menyebut dirinya mirip dengan Adolf Hitler. Hal ini diungkap ketika menyampaikan dirinya akan membantai tiga juga pengguna dan pengedar narkoba di negaranya.

Ia pun lantas meminta maaf setelah mendapat kecaman internasional atas pernyataannya itu. Dalam kunjungannya ke salah satu bukit di Yerusalem itu, Duterte menyebut tidak bisa dibayangkan sebuah negara menaati seorang pemimpin yang tak waras.

“Dan saya tidak dapat membayangkan tintinan seseorang akan pergi ke sebuah pesta pembunuhan […] Saya ingin menyatakan bahwa kita ada dalam satu kelompok yang akan menyatakan bahwa hal ini tidak akan terjadi lagi,” katanya, Selasa (4/9).

Sebelumnya, tak banyak gembar-gembor ketika pimpinan negara melakukan kunjungan ke memorial Holocaust Yad Vashem. Namun, kontroversi Duterte dengan menyamakan diri dengan Hitler membuat kunjungannya kali ini mnejadi sorotan.

Sebelumnya, Duterte telah melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam pertemuan empat hari ke Israel. Agenda kunjungan ini seputar perjanjian pertahanan dan isu lainnya.

“Semoga dunia belajar dari peristiwa mengerikan dan yang patut disayangkan dari sejarah manusia,” tulis Duterte dalam buku tamu di memorial itu.

Selanjutnya, Duterte akan meresmikan tugu peringatan di ibu kota Israel, Tel Aviv. Peringatan ini didirikan untuk memperingati bantuan Filipina terhadap 1.300 orang Yahudi yang melarikan diri ke negara itu akibat Holocaust. (wol/aa/cnn/data1)

Editor: PUTRI BAKRI

Check Also

Palestina Kembali Tuntut Israel ke Mahkamah Internasional

RAMALLAH, Waspada.co.id – Palestina mengajukan tuntutan baru terhadap Israel ke Mahkamah Pidana Internasional (ICC), Selasa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: