Home / Warta / Mancanegara / Militan Uighur Ancaman Bagi Indonesia
afp

Militan Uighur Ancaman Bagi Indonesia

BEIJING, WOL – Militan etnis Uighur dari Tiongkok bagian barat semakin meningkatkan kehadiran mereka di Indonesia, menurut Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Kamis (17/3), setelah pasukan keamanan Indonesia mengatakan telah membunuh dua orang Uighur yang termasuk dalam sebuah jaringan militan.

Indonesia telah meluncurkan sebuah kampanye keamanan yang agresif dan didukung militer di Sulawesi, di tengah perlawanan terhadap ancaman dari dukungan yang semakin meningkat untuk kelompok militan Negara Islam (ISIS).

Kepolisian Indonesia mengatakan bahwa dua pria yang tewas dalam bentrokan hari Selasa berasal dari minoritas Muslim Uighur di Tiongkok yang telah bergabung dengan pendukung ISIS nomor satu di Indonesia, seorang militan bernama Santoso, di Sulawesi Tengah.

Santoso, pria yang paling dicari di Indonesia, telah menjadi buronan selama lebih dari tiga tahun.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Lu Kang, mengatakan telah memeriksa laporan mengenai penembakan itu dan mencoba mendapatkan lebih banyak lagi.

“Tiongkok dan Indonesia sama-sama merupakan korban terorisme dan menghadapi ancaman-ancaman baru dari lingkungan kontra-terorisme internasional dan regional yang berubah,” ujarnya dalam konferensi pers harian.

“Dalam beberapa tahun terakhir, pasukan teroris Gerakan Islamis Turkestan Timur (ETIM) telah terus meningkatkan infiltrasi mereka di Indonesia dan terkait dengan kelompok-kelompok ekstremis teroris Indonesia, dan telah membuka rute pengiriman orang yang ingin berpartisipasi dalam aktivitas teroris internasional,” tambah Lu.

“Ini tidak hanya mengancam keamanan nasional Tiongkok, tapi juga bahaya nyata bagi Indonesia dan stabilitas sosial wilayah,” sambungnya.

Lu mengatakan Tiongkok dan Indonesia mendukung serta memahami satu sama lain dalam upaya kontra-terorisme dan memiliki kerjasama yang sangat baik. (voa/rtr/data1)

Check Also

Wali Kota Siap Dukung Penuh Kegiatan Gala Desa

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mengapresiasi dan mengaku bangga karena digelarnya kegiatan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: