Home / Warta / Politik / Meski Beda Partai, Mendagri Nilai Dukungan TGB ke Jokowi Sah
Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Harits/Okezone)

Meski Beda Partai, Mendagri Nilai Dukungan TGB ke Jokowi Sah

agregasi

 

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menilai sah-sah saja adanya dukungan dari Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) kepada Presiden Joko Widodo untuk melanjutkan pemerintahannya pada periode berikutnya.

Menurut Tjahjo, dukungan dari seorang gubernur atau kepala daerah tak harus dipersoalkan meskipun kepala daerah tersebut berbeda partai politik dengan Jokowi.

“Sah-sah saja, semua kepala daerah jangan lihat dia partainya mana pasti akan mendukung pemerintah pusat karena ada sinergi pembangunan di daerah,” jelas Tjahjo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (10/7/2018).

Menurut Tjahjo, tak ada yang melarang bila kepala daerah tersebut mendukung kinerja Jokowi walaupun berbeda partai politik. Namun, Tjahjo mengingatkan kepala daerah tersebut harus bertanggungjawab selain kepada masyarakatnya juga kepada partai politik pengusungnya.

tgb

“Ya boleh-boleh saja dong walaupun partainya punya opsi lain. Tapi sebagai kepala daerah dia punya tanggungjawab ini aspirasi masyarakatnya, jadi kepala daerah itu membawa aspirasi masyarakat yang dia pimpin termasuk dia juga punya tanggungjawab terhadap parpol yg dia mendukung,” jelas Tjahjo.

Begitu pula sebaliknya. Menurut Tjahjo, tak ada aturan yang mengikat bahwa kepala daerah tak bisa mendukung lawan dari presiden yang berkuasa saat ini. Tjahjo menuturkan semua warga negara memiki hak dipilih dan hak untuk memilih.

“Dicalonkan partai lain yang bukan partai pemerintah juga sah-sah saja. Karena setiap warga negara punya hak utk dipilih dan memilih. Kita kembalikan ke UU,” tuturnya.

“Jadi kalau ada orang yang nyinyir kok gubernur NTB ngomongnya begitu yah boleh-boleh saja wong dia merasakan manfaat pembangunan kok,” tandasnya.

Check Also

Super Junior ‘Reuni’ Bersama Presiden Jokowi

SEOUL, Waspada.co.id – Anggota boyband K-pop, Super Junior, tidak melewatkan kesempatan emas ketika Presiden Joko ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: