Newsticker
WOL / Warta / Mancanegara / Merasa Tak Cocok Dengan Duterte, Wapres Filipina Siap Mundur
Inquirer file photo
Inquirer file photo

Merasa Tak Cocok Dengan Duterte, Wapres Filipina Siap Mundur

MANILA, WOL – Leni Robredo siap mundur dari jabatannya sebagai Wakil presiden Filipina karena alasan tak cocok dengan kepemimpinan Presiden Rodrigo Duterte.

Mulanya, Leni menolak mundur. Namun, dia terpaksa lengser setelah menerima pesan singkat dari beberapa kementerian yang memintanya berhenti dan tak lagi menghadiri rapat kabinet.

“Saya sudah diperingatkan akan ada rencana besar melengserkan saya sebagai wakil presiden. Mulanya saya abaikan dan fokus menjalani jabatan sebagai wapres. Namun, beberapa hari terakhir plot tersebut sudah diatur dan mulai bergerak,” katanya.

Leni tak menyebut komplotan mana yang berusaha menurunkannya. Namun, Sekretaris Kabinet Jun Evasco mengonfirmasi bahwa keputusan Leni mundur karena adanya perbedaan kebijakan antara Leni dengan Duterte.

Leni memang pernah mengatakan jika banyak kebijakannya yang tak sejalan dengan Duterte, termasuk perang dengan bandar narkoba yang telah merenggut 2 ribu lebih nyawa selama 5 bulan, serta dibangkitkannya hukuman mati.

Dikatakan Leni, dirianya bersedia menjadi wapres saat Pemilu lantaran merasa memiliki kesamaan visi dan misi dengan Duterte soal program mengentaskan kemiskinan.

“Dari awal, saya dan presiden memang sudah bertentangan secara prinsip,” katanya seperti dikutip laman Reuters.

Leni merupakan mantan aktivis dan pengacara. Dia adalah salah satu petinggi partai mantan presiden Benigno Aquino. Namanya masuk jajaran calon Wapres di Pemilu lalu mengalahkan Ferdinand Marcos Jr. (reuters/data2)

Baca Juga

Wakil Presdien Jusuf Kalla. Foto Okezone/Puterangera

Suap Predikat WTP Kemendes, Ini Komentar Jusuf Kalla

  JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap kasus dugaan suap pemulusan pemberian opini Wajar ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.