Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Menteri Pendidikan Menargetkan Tahun Depan 80 Persen SMP Ikut UNBK
Muhadjir Effendy (foto: istimewa)

Menteri Pendidikan Menargetkan Tahun Depan 80 Persen SMP Ikut UNBK

SLEMAN, Waspada.co.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, berharap keikutsertaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun depan dapat mencapai 80 persen.

“Target kita memang bisa 80 (persen) tahun depan,” ungkapnya seperti dilansir dari laman republika.co.id, Sabtu (28/4).

Muhadjir menambahkan, untuk mengantisipasi peningkatan keikutsertaan tahun depan, pihaknya sudah meminta penambahan kapasitas server serta sokongan jaringan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Terutama di daerah-daerah yang jaringannya memang masih kurang. Hal ini termasuk masalah listrik. Walaupun tahun ini cukup banyak sekolah dengan kesadaran sendiri menyiapkan genset untuk sokongan jaringan listrik.

“Tapi listrik tetap jadi masalah kalau kita mau melaksanakan UNBK secara keseluruhan,” bebernya.

Terkait UNBK SMP tahun ini, ia menilai pelaksanaannya sudah cukup bagus. Terlebih, tidak ada kebocoran soal yang dirasa memang tidak mungkin bocor. Menurut Muhadjir, kalaupun ada kebocoran hanya satu soal saja mengingat masing-masing siswa memegang soalnya sendiri.

Tentang sempat matinya server pusat, Muhadjir menjelaskan, itu lantaran jaringan yang padat karena peserta yang melonjak hampir dua kali lipat. Pasalnya, ada lonjakan peserta dari 32 persen tahun lalu mencapai 63 persen tahun ini.

Ia menilai, lonjakan keikutsertaan itu membuat kapasitas server pusat menjadi besar. Kemudian, ketika server-server sekolah ingin mengunduh soal, pintunya menjadi sempit lantaran dilakukan secara bersamaan.

Untuk mengatasi itu, pada hari pertama server cadangan dibuka dan sebagian sekolah dialihkan ke server cadangan tersebut. Namun, Muhadjir menegaskan, paling lama kondisi itu hanya terjadi paling lama satu jam.

“Sebetulnya itu proses pengalihan ke server cadangan saja, hari kedua sudah tidak ada karena server cadangan langsung kita buka saja,” kata Muhadjir.(wol/mrz/rol/data2)

Check Also

Mendikbud Minta Pemimpin Terpilih Prioritaskan Pembangunan SDM

  MALANG – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy telah menggunakan hak pilih pada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: