_
Home / Warta / Politik / Menteri Jokowi yang Dari Parpol Berjumlah Sekitar 16 Orang
ANTARA

Menteri Jokowi yang Dari Parpol Berjumlah Sekitar 16 Orang

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menampik jumlah menteri dari kalangan partai politik di kabinet selanjutnya berjumlah sekitar 16 orang. Jokowi mengaku sudah selesai menyusun kabinet untuk membantunya pada periode kedua.

“Ya kurang lebih (menteri dari partai politik 16 orang). Saya belum ngitung. Kurang lebih,” kata Jokowi sebelum berangkat ke pelantikan, di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10).

Namun, Jokowi tak merinci dari partai mana saja yang dipilih dirinya untuk menjadi menteri. Ia juga tak menjawab apakah ada kader Gerindra yang ditunjuk menjadi menteri dalam kabinet pemerintahan selanjutnya.

“Besok dilihat,” ujarnya.

Jokowi mengatakan bakal memperkenalkan para ‘pembantunya’ untuk lima tahun ke depan besok, Senin pagi (21/10). Mantan gubernur DKI Jakarta itu memastikan bahwa kabinetnya sudah selesai dibentuk dan tinggal disampaikan kepada publik.

“Sudah rampung, sudah selesai, nanti ya besok pagi lah, nanti saya kenalkan besok pagi. Besok pagi saya kenalkan,” tuturnya.

Jokowi bersama wakil presiden terpilih Ma’ruf Amin dilantik sebagai presiden-wakil presiden 2019-2024, di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10). Acara pelantikan tersebut bakal dipimpin oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Merujuk dari susunan acara, Sidang Paripurna MPR RI Pelantikan Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 akan dimulai pukul 14.30 WIB. Jokowi dan Ma’ruf akan diambil sumpah secara bergantian, pada 14.56 WIB.

Jokowi akan mendapatkan panggung khusus dalam sidang paripurna kali ini. Mantan gubernur DKI Jakarta itu bakal berpidato selama 18 menit terhitung dari pukul 15.12 WIB.

Rangkaian pelantikan Jokowi akan ditutup dengan doa dan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sidang Paripurna MPR RI Pelantikan Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 akan berakhir pukul 15.48 WIB.

Setelah itu, Jokowi-Ma’ruf langsung ke Istana Merdeka. Para relawan disebut akan menyambut kedatangan mereka berdua.

Mulanya, para relawan dan simpatisan berencana menggelar parade budaya untuk merayakan pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Namun, acara yang mulanya bakal digelar di Patung Kuda sampai Istana Negara, dibatalkan. (politik/ags/data2)

适适

Check Also

Ungkapan Paloh Jaksa Agung ‘Lepas’ Dari NasDem

JAKARTA, Waspada.co.id – Jaksa Agung di periode kedua Presiden Jokowi, tidak lagi dijabat oleh kader ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.