Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Menristekdikti Ingatkan Panitia Jangan Diskriminasi Peserta SBMPTN Disabilitas
Ilustrasi Penyandang Disabilitas Mengikuti SBMPTN (foto: Antara)
Ilustrasi Penyandang Disabilitas Mengikuti SBMPTN (foto: Antara)

Menristekdikti Ingatkan Panitia Jangan Diskriminasi Peserta SBMPTN Disabilitas

agregasi
agregasi

 

SINGARAJA – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengingatkan agar semua orang diberi kesempatan yang sama dan jangan ada diskriminasi untuk masuk perguruan tinggi bagi penyandang disabilitas.

“Perguruan tinggi tidak boleh menolak kalau yang bersangkutan lulus seleksi,” ungkap Menristekdikti usai meninjau pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Bali, Selasa (8/5/2018).

SBMPTN 2018Ilustrasi Peserta SBMPTN Disabilitas (foto: Okezone)

Dia mengatakan, perguruan tinggi wajib menyediakan layanan yang mendukung kegiatan belajar bagi penyandang disabilitas sebagaimana diatur dalam Peraturan Menristekdikti Nomor 46 Tahun 2017.

“Kalau nanti tidak disiapkan, rektor akan saya panggil karena ini bagian dari tanggung jawab negara jangan sampai terjadi diskriminasi,” tegas Nasir.

Saat ini sejumlah perguruan tinggi sudah menyediakan fasilitas yang mendukung bagi mahasiswa yang penyandang disabilitas seperti Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Yogyakarta dan lainnya.

Sebanyak 860.001 peserta mengikuti seleksi SBMPTN serentak di 85 perguruan tinggi negeri terdiri atas Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) sebanyak 26.181 peserta dan 833.820 peserta Ujian Tertulis Berbasis Cetak (UTBC).

SBMPTN tahun ini juga diikuti 1.078 orang peserta dari Paket C dan 365 peserta disabilitas yang terdiri atas 122 peserta tuna rungu, 107 tuna netra, 43 tuna wicara dan 93 peserta tuna daksa.

Menristekdikti Mohamad Nasir Bicara Mutu Pendidikan di Tanah Air Menristekdikti Mohamad Nasir (foto: Okezone)

Check Also

foto: Okezone

Ini Kata Menristekdikti Soal Kuliah Online

  BANDUNG – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) saat ini terus mendorong pendidikan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.