Home / Warta / Mancanegara / Menlu Rusia: AS Mengancam Keamanan Nasional Kami
Istimewa

Menlu Rusia: AS Mengancam Keamanan Nasional Kami

agregasi
agregasi

 

MOSKOW – Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Lavrov mengklaim Amerika Serikat telah mengambil langkah agresif. Lavrov mengatakan bahwa hal tersebut mengancam keamanan nasional dari Negeri Beruang Merah.

“Kita sudah menyaksikan perubahan fundamental ketika membicarakan Russophobia (fobia Rusia) agresif yang saat ini ada di jantung setiap kebijakan AS terhadap Rusia,” ujar Lavrov kepada media RIA, sebagaimana dikutip dari Reuters, Minggu (9/10/2016).

Sebelumnya, Okezone pernah mewartakan komentar dari Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin yang menuturkan bahwa negara-negara Barat saat ini sedang terjangkit fobia Rusia. Tuturan dari Galuzin senada dengan pernyataan dari Lavrov yang menegaskan bahwa fobia Rusia membuat kebijakan AS menjadi agresif terhadap Negeri Beruang Merah.

“Bukan hanya Russophobia yang bersifat retorika, tapi juga langkah agresif yang dapat menyakiti kepentingan nasional serta menjadi ancaman terhadap keamanan kami,” tambah Lavrov.

Dalam kurun beberapa tahun ini hubungan Rusia dan AS memang memburuk, apalagi dalam isu Ukraina dan krisis Suriah. Akibat aneksasi Rusia di Krimea, AS bersama Uni Eropa, Australia, Selandia Baru, Kanada dan Jepang menjatuhkan sanksi terhadap Rusia.

Selain itu, Rusia serta AS berseberangan dalam isu krisis Suriah. Pasalnya, AS mendukung pemberontak dan percaya bahwa cara mengakhiri krisis di Suriah adalah dengan mundurnya Presiden Bashar al-Assad dari jabatannya. Sedangkan Negeri Beruang Merah jelas mendukung Assad agar tetap menjadi presiden.

Check Also

Mesir Hampir Pasti Tersingkir

St. Petersburg, Waspada.co.id – Dua kekalahan memaksa Mesir hampir pasti tersingkir dari persaingan Grup A Piala ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: