Home / Warta / Mancanegara / Menlu AS Upayakan Pertemuan Kedua Trump-Kim Jong Un
Menlu AS, Mike Pompeo. (Foto: REUTERS/Brendan McDermid)

Menlu AS Upayakan Pertemuan Kedua Trump-Kim Jong Un

PYONGYANG, Waspada.co.id – Menlu AS Mike Pompeo menuju Pyongyang untuk melakukan perundingan baru dengan Kim Jong Un terkait denuklirisasi dan pertemuan puncak dengan Donald Trump Utara kedua.

Pompeo berangkat dari Tokyo pada Minggu (7/10) yang merupakan negara pertama dalam rangkaian kunjungan ke Korea Utara, Korea Selatan dan China.

“Tujuan selanjutnya adalah Pyongyang untuk bertemu dengan Ketua Kim dan melanjutkan tugas memenuhi komitmen POTUS (President of the United States) dan Ketua Kim,” cuit Pompeo di akun Twitternya yang mempergunakan singkatan untuk presiden AS Donald Trump.

Ini merupakan kunjungan keempat Pompeo ke Pyongyang sementara kemungkinan kesepakatan bersejarah AS-Korea Utara semakin mendekati kenyataan. Dalam penerbangan menuju Tokyo, Pompeo mengatakan tujuan kunjungannya adalah “membangun rasa percaya yang cukup” antara Washington dan Pyongyang untuk mencapai perdamaian.

“Kemudian kami juga akan membicarakan pertemuan puncak berikutnya,” kata Pompeo.

Namun dia tidak terlalu berharap akan ada terobosan dalam pertemuan itu.

“Saya ragu kita akan ada kesepakatan tetapi hanya memulai membuat opsi bagi lokasi dan waktu pertemuan baru antara Ketua Kim dan presiden. Mungkin bisa lebih jauh lagi dari itu,” ujarnya.

Pertemuan Kim & Trump
Sejak pertemuan puncak Trump bertemu dengan Kim Jong Un di Singapura yang menurut pengkritiknya hanya menghasilkan komitmen tak jelas dari Kim Jong Un terkait denuklirisasi semenanjung Korea, jalan menuju hubungan yang lebih hangat mengalami rintangan.

Trump sempat membatalkan kunjungan Pompeo ke Pyongyang sebelumnya setelah dia mengatakan tidak ada kemajuan signifikan dalam menerapkan kesepakatan deklarasi Singapura

Tetapi presiden AS yang tidak biasa ini kemudian menyatakan “jatuh cinta” dengan Kim Jong Un. (hal–2)

Check Also

Kremlin Pastikan Pertemuan Trump dan Putin di G20

BUENOS AIRES, Waspada.co.id – Kremlin memastikan pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: