_
Home / Warta / Mancanegara / Menlu AS: Saya Masih Pimpin Tim Negosiasi dengan Korea Utara
Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo. (AFP)

Menlu AS: Saya Masih Pimpin Tim Negosiasi dengan Korea Utara

WASHINGTON, Waspada.co.id – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo menyatakan bahwa belum ada yang berubah dalam tim negosiasi dengan Korea Utara.

Pompeo, pada Jumat (19/4), mengatakan bahwa dirinya masih bertanggung jawab atas tim yang bernegosiasi dengan Korut mengenai program nuklirnya, meski Pyongyang telah menuntut AS untuk menggantinya.

“Tidak ada yang berubah. Kami masih melanjutkan pekerjaan dan (saya) masih memimpin tim,” ujar Pompeo, dalam konferensi pers usai pertemuannya dengan dua menteri Jepang.

Jawaban Pompeo tersebut sekaligus memperjelas statusnya dalam tim negosiasi AS dengan Korut setelah negara tertutup itu menyatakan keberatan dengan keterlibatannya dalam pembahasan masalah denuklirisasi.

Alasannya, Pyongyang menilai Pompeo telah bersikap gegabah dan dianggap melecehkan proses dialog yang dilakukan oleh kedua pihak.

“Saya khawatir jika Pompeo (tetap) dilibatkan dalam pembicaraan selanjutnya, maka diskusi akan menjadi sangat buruk dan pembicaraan akan menjadi kacau,” ujar Direktur Jenderal Departemen Urusan Amerika Kementerian Luar Negeri Korut, Kwon Jung Gun, Kamis (18/4).

“Oleh karena itu, jika kemungkinan dialog kembali dimulai dengan AS, saya berharap rekan dialog kami bukan Pompeo, tetapi seseorang yang lebih berhati-hati dan dewasa dalam berkomunikasi dengan kami,” tambahnya.

Departemen Luar Negeri sebelumnya menyatakan, pihaknya tetap siap bernegosiasi dengan Korea Utara dan menyatakan telah mengetahui permintaan dari Pyongyang terkait Pompeo.

Pompeo, dikenal sebagai salah satu menteri yang paling dipercaya Presiden Donald Trump. Dia telah melakukan perjalanan empat kali ke Korea Utara dan disebut berperan dalam mendorong Trump untuk tidak membuat kesepakatan dengan Kim Jong Un dalam pertemuan puncak kedua di Hanoi, Februari lalu.

“Presiden Trump jelas bertanggung jawab atas upaya keseluruhan. Tetapi tim saya, Perwakilan Khusus (Steve) Biegun, akan terus memimpin upaya AS, untuk memastikan Kim Jong Un melakukan apa yang ia janjikan,” kata Pompeo.

“Saya percaya kita masih memiliki peluang nyata untuk mencapai hasil itu dan tim diplomatik kita akan terus memimpin,” tambahnya. (AFP/data2)

Check Also

Bocorkan Memo Rahasia sebut Trump Tak Kompeten, Mendag Inggris Minta Maaf ke Ivanka Trump

WASHINGTON, Waspada.co.id – Menteri Perdagangan Inggris Liam Fox menyatakan bakal menemui putri Presiden Amerika Serikat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: