Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Menlu AS: Indonesia Nyaman dan Mitra yang Bagus
foto: antara

Menlu AS: Indonesia Nyaman dan Mitra yang Bagus

JAKARTA, Waspada.co.id– Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, di Istana Merdeka Jakarta, Minggu (5/8). Dalam sambutannya, Pompeo mengatakan sudah berkomunikasi dengan Wakil Presiden AS soal Indonesia.

Bagi dia, negara RI adalah tempat yang nyaman. Tak hanya itu, Pompeo melanjutkan Indonesia adalah mitra AS yang bagus. Disebutkan, nilai-nilai demokrasi di Indonesia adalah demokrasi terbesar di dunia.

Mendapat penilaian seperti itu, Presiden Jokowi mengatakan Indonesia adalah negara terbesar di Asia Tenggara. Lalu, Indonesia juga merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.

“Sebagai negara muslim paling besar di dunia, kita juga bangga bahwa demokrasi juga berkembang pesat di Indonesia,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi melanjutkan tantangan terbesar negara-negara saat ini adalah memelihara keberagaman. Sejauh ini, Indonesia dianggap cukup mampu. Semua manusia, kata dia, selayaknya menghormati setiap keberagaman itu.

“Tantangan yang dihadapi semua bangsa saat ini adalah bahwa bagaimana memelihara keberagaman satu sama lain, saling menghormati,” jelasnya.

Dalam pertemuan ini, Jokowi turut didampingi Mensesneg Pratikno, Menlu Retno Marsudi, dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito. (wol/aa/vvn/devi)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Negosiasi 13 Tahun, Kemitraan RI-Australia Segera Rampung

Waspada.co.id – Setelah melalui negosiasi panjang selama 13 tahun, Australia dan Indonesia sepakat merampungkan Perjanjian ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: