Home / Warta / Mancanegara / Menlu Arab Saudi Sambangi Indonesia Pekan Depan
Menlu Arab Saudi Sambangi Indonesia Pekan Depan JAKARTA, Waspada.co.id - Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel Al Jubeir dijadwalkan melakukan kunjungan resmi ke Indonesia pada 22-23 Oktober 2018. Kunjungan tersebut dilakukan untuk membahas mengenai hubungan bilateral dan tindak lanjut dari kesepakatan kerja sama antara Indonesia dengan Arab Saudi. Berdasarkan keterangan dari Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu), Arrmanatha Nasir, dalam kunjungan ini, Menlu Al Jubeir akan melakukan pertemuan bilateral dan sidang komisi bersama (SKB) dengan Menlu RI, Retno Marsudi di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri di Jakarta pada 23 Oktober. "SKB ini adalah hasil kunjungan dari Raja Arab Saudi pada tahun lalu, yang merupakan bagian dari hasil joint declaration antara kedua negara," jelas Arrmanatha kepada awak media dalam press briefing rutin di Jakarta, Kamis (18/10). "Tujuan dari SKB ini adalah melakukan review dari berbagai kegiatan dan program kerja sama yang telah dilaksanakan dalam setahun terakhir" Beberapa isu yang menjadi perhatian dalam pertemuan kedua menlu antara lain mengenai bidang politik keamanan, penanggulangan terorisme, peningkatan kerja sama pedagangan, investasi, termasuk juga kerja sama perikanan, energi, perhubungan dan kerja sama pariwisata. Dua isu lain yang juga akan dibahas kedua menlu adalah mengenai kerja sama di bidang keagamaan dan perlindungan warga negara Indonesia (WNI). Isu WNi selalu menjadi perhatian dalam pertemuan kedua negara karena besarnya jumlah WNI yang berada di Arab Saudi, yang menurut data Kemlu RI mencapai lebih dari 600 ribu orang. Pertemuan itu juga akan digunakan untuk membahas 11 nota kesepahaman yang telah ditandatangani antara Indonesia dengan Arab Saudi, termasuk nota kesepahaman mengenai kerja sama di bidang keagamaan, perdagangan, pemberantasan kejahatan lintas batas, pehubungan udara, dan pendidikan. Tags: Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel Al Jubeir, Menlu Arab Saudi Sambangi Indonesia, kesepakatan kerja sama Indonesia Arab Saudi, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu), Arrmanatha Nasir, Menlu Al Jubeir, pertemuan bilateral, sidang komisi bersama indonesia saudi, Menlu RI Retno Marsudi, Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, kunjungan dari Raja Arab Saudi, joint declaration indonesia saudi, kerja sama pedagangan indonesia saudi, WNI di Arab Saudi, data Kemlu RI Foto: Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al Jubeir (foto: Reuters)

Menlu Arab Saudi Sambangi Indonesia Pekan Depan

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel Al Jubeir dijadwalkan melakukan kunjungan resmi ke Indonesia pada 22-23 Oktober 2018. Kunjungan tersebut dilakukan untuk membahas mengenai hubungan bilateral dan tindak lanjut dari kesepakatan kerja sama antara Indonesia dengan Arab Saudi.

Berdasarkan keterangan dari Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu), Arrmanatha Nasir, dalam kunjungan ini, Menlu Al Jubeir akan melakukan pertemuan bilateral dan sidang komisi bersama (SKB) dengan Menlu RI, Retno Marsudi di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri di Jakarta pada 23 Oktober.

“SKB ini adalah hasil kunjungan dari Raja Arab Saudi pada tahun lalu, yang merupakan bagian dari hasil joint declaration antara kedua negara,” jelas Arrmanatha kepada awak media dalam press briefing rutin di Jakarta, Kamis (18/10).

“Tujuan dari SKB ini adalah melakukan review dari berbagai kegiatan dan program kerja sama yang telah dilaksanakan dalam setahun terakhir”

Beberapa isu yang menjadi perhatian dalam pertemuan kedua menlu antara lain mengenai bidang politik keamanan, penanggulangan terorisme, peningkatan kerja sama pedagangan, investasi, termasuk juga kerja sama perikanan, energi, perhubungan dan kerja sama pariwisata.

Dua isu lain yang juga akan dibahas kedua menlu adalah mengenai kerja sama di bidang keagamaan dan perlindungan warga negara Indonesia (WNI). Isu WNi selalu menjadi perhatian dalam pertemuan kedua negara karena besarnya jumlah WNI yang berada di Arab Saudi, yang menurut data Kemlu RI mencapai lebih dari 600 ribu orang.

Pertemuan itu juga akan digunakan untuk membahas 11 nota kesepahaman yang telah ditandatangani antara Indonesia dengan Arab Saudi, termasuk nota kesepahaman mengenai kerja sama di bidang keagamaan, perdagangan, pemberantasan kejahatan lintas batas, pehubungan udara, dan pendidikan. (viva)

Check Also

Tuti Dieksekusi, 13 WNI Lain Masih Terancam Hukuman Mati di Saudi

RIYADH, Waspada.co.id – Usai eksekusi tenaga kerja asal Majalengka, Tuti Tursilawati, Kementerian Luar Negeri RI ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: