_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Menkumham Sarankan Warna E-KTP WNI dan WNA Dibedakan
Istimewa

Menkumham Sarankan Warna E-KTP WNI dan WNA Dibedakan

JAKARTA – Menkumham Yasonna Laoly mengusulkan agar ada perbedaan bentuk e-KTP terhadap Warga Negara Asing (WNA). Hal ini menyusul ramainya polemik Tenaga Kerja Asing (TKA) yang mempunyai e-KTP di Cianjur, Jawa Barat.

“Ke depannya harus dibedakan KTP untuk WNI dan KTP untuk WNA,” ujar Yasonna di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Yasonna berujar, perbedaan warna e-KTP antara WNI dan WNA itu mengusulkan agar seperti di Amerika Serikat. Dimana cara itu bertujuan untuk e-KTP itu tidak disalahgunakan.

“Karena khawatirnya nanti kalau tidak cermat bisa tiba-tiba dapat pasport Indonesia,” imbuh dia.

sd

Dirinya pun membeberkan pengalamannya saat tinggal di Amerika Serikat beberapa tahun lalu. Dimana Yasonna mengaku memiliki kartu identitas semacam e-KTP yang serupa dengan milik warga negara AS. Hanya untuk batasan antara kepemilikan e-KTP bagi dirinya dengan warga AS diatur dengan jelas.

“Kalau di AS, saya pernah di sana, ada KTPnya tetapi tidak boleh digunakan untuk tujuan yang sama haknya dengan warga negara. Bahkan punya sosial security lagi,” jelas Yasonna.

Selain itu, Yasonna mengatakan, bila UU Administrasi Kependudukan sudah mengatur jika penduduk WNI dan orang asing yang memiliki izin tinggal tetap dan telah berumur 17 tahun atau telah kawin di Indonesia, wajib memiliki e-KTP. Tetapi hanya untuk tanda penduduk saja dan tak mempunyai hak konstitusi memilih.

“Kan, sudah diklarifikasi bahwa itu tidak boleh memilih. Hanya tanda penduduk. Dalam konstitusikan juga disebut yang namanya penduduk itu bisa WNI dan WNA,” tandasnya.

Check Also

Sambil Berolahraga, Warga Bisa Rekam e-KTP

MEDAN, Waspada.co.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan menghadirikan sarana perekaman e-KTP ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.