Newsticker
WOL / Fokus Redaksi / Menkominfo Dukung Komunitas Masyarakat Anti Hoax
WOL Photo/Ucok Ridin
WOL Photo/Ucok Ridin

Menkominfo Dukung Komunitas Masyarakat Anti Hoax

MEDAN, WOL – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, mengatakan untuk mantisipasi masalah ramainya pemberitaan bohong (hoax) harus melibatkan semua pihak baik masyarakat, pemerintah dan diri sendiri.

“Antsipasinya antara lain, kalau menerima informasi pastikan informasi itu benar, kalau di Islam ada namanya tabayun, cek informasi itu benar atau tidak, kalau tidak kita mendapat sampah informasi,” kata Rudiantara kepada Waspada Online di Kantor Gubsu Rabu (11/1).

Kedua kata menteri, kalau  mengirimkan atau meneruskan informasi kepada siapa pun, pastikan informasi tersebut benar, kalau memang benar bermanfaat tidak untuk si penerima. “Bila tidak bermanfaat jadi pergunjingan, apalagi kalau tidak benar jadi dosa,” ujarnya.

Rudiantara juga mengungkapkan, memang pemerintah melakukan langkah hukum terkait pemberitaan hoax tersebut, tetapi itu adalah langkah terakhir. “Itu langkah yang di ujunglah,  Yang intinya dimulai dari diri kita sendiri,” katanya

Kemenkominfo kata menteri, telah meluncurkan situs untuk memantau situs-situs hoax di www.turnbackhoax.id. “Di situ bisa dilihat ada informasi yang selama ini beredar hoax dan ada perbandingannya informasi yang benar,” ungkapnya.

Lanjut menteri, kalau ada komunitas masyarakat anti hoaks itu sangat bagus. “Kalau ada seperti itu tolong informasikan ke saya nanti saya akan hubungi,” ujar menteri

Menteri juga  menyebutkan, pihaknya tidak terfokus kepada situs-situs penyebar berita hoax tetapi fokus terhadap konten  yang bertentangan dengan undang-undang.

“Selama kontennya  bertentangan dengan undang-undang (UU ITE), maka undang- undang itu ada pasal 27, 28 pasal 29, maka kami lakukan penepisan,” pungkas Rudiantara. (wol/rdn/data1)

Editor: Agus Utama

Baca Juga

WOL Ilustrasi

residential Threshold Harus 0% untuk Beri Kesempatan yang Sama ke Parpol

  JAKARTA – Wakil Ketua Pansus RUU Pemilu dari fraksi Partai Gerindra Ahmad Riza Patria ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.