Home / Warta / Politik / Menko Polhukam Sebut Pemilu 2019 Lebih Rumit dan Kompleks Dibandingkan Sebelumnya
Menko Polhukam Wiranto memberikan keterangan usai rapat bersama dengan Mendagri, Kapolri, Panglima TNI di Mabes Polri, Jakarta, Senin (24/9/2018). (Foto : Puteranegara Batubara/Okezone)

Menko Polhukam Sebut Pemilu 2019 Lebih Rumit dan Kompleks Dibandingkan Sebelumnya

agregasi

 

JAKARTA – Pemerintah yang diwakili oleh Kemenko Polhukam dan Kemendagri menggelar rapat bersama dengan TNI, Polri, dan lembaga penyelenggara untuk membahas pengamanan tahapan Pemilu 2019.

Usai rapat, Menko Polhukam Wiranto menyatakan, Pemilu 2019 merupakan pesta demokrasi yang lebih rumit dan kompleks penanganannya dibandingkan pesta demokrasi lima tahunan sebelum-sebelumnya.

“Pemilu 2019 lebih rumit dan kompleks dan massal dibandingkan pemilu lalu,” kata Wiranto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (24/9/2018).

Lebih rumit, dijelaskan Wiranto, lantaran Pemilu 2019 dilaksanakan secara serentak antara Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). “Legislatif tingkat pusat dan daerah paling tidak ada lima pilihan yang harus dipilih masyarakat kita,” tutur Wiranto.

Menko Polhukan Wiranto memberikan keterangan usai rapat bersama dengan Mendagri, Kapolri, Panglima TNI di Mabes Polri, Senin (24/9/2018). (Foto : Puteranegara Batubara/Okezone)

Lebih lanjut mantan Panglima ABRI itu menjelaskan, Pemilu 2019 akan menjadi lebih hiruk-pikuk lantaran adanya kontestasi masing-masing partai politik. Hal itu mengingat setiap partai akan mengejar ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

“Partai politik juga tentu kontestasi supaya eksis sebagai parpol dengan batas threshold 4 persen itu. Kalau enggak lewat itu, akan tersingkir di perpolitikan nasional,” ucap Wiranto.

Oleh sebab itu, Wiranto menyatakan perlunya kordinasi antara tingkat pusat dan daerah untuk mengamankan jalannya perhelatan akbar pesta demokrasi tersebut.

“Sehingga hiruk pikuk akan banyak aktivitas pemilu yang diamankan. Oleh karena itu, kami coba mencari yang rawan untuk kordinasi untuk diperbincangkan bersama apakah perhitungan, aktivitas di lapangan,” tutup Wiranto.

Check Also

Elektabilitas Jokowi Meroket Pertanda Kian Dicintai Rakyat

  JAKARTA – Elektabilitas calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Maruf ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: