Home / Warta / Politik / Mengurai Peluang Tuan Guru Bajang di Pilpres 2019
foto: rmolsumsel
foto: rmolsumsel

Mengurai Peluang Tuan Guru Bajang di Pilpres 2019

JAKARTA, Waspada.co.id – Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi atau populer dikenal dengan sebutan Tuan Guru Bajang (TGB) beberapa waktu terakhir rajin keliling Indonesia. Namanya termasuk salah satu kepala daerah yang dinominasikan masuk dalam deretan nominator Pilpres 2019 mendatang. Bagaimana peluang TGB?

Figur TGB menjadi salah satu kepala daerah yang masuk dalam deretan kandidat dalam Pilpres yang masuk radar kandidat yang berpeluang maju dalam kontestasi pemilu 2019.

Setidaknya, sejumlah lembaga riset menempatkan TGB sebagai salah satu kandidat yang memiliki peluang dalam Pilpres mendatang. Seperti temuan riset PocoMM pada 18-21 Maret 2018 mengungkapkan elektabilitas TGB sebesar 1,75% mengungguli Anies Baswedan 1,58% dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 0,75%.

Tuan Guru Bajang saat ditanya bagaimana peluang dirinya maju dalam Pilpres 2019 mendatang?, usai melakukan pertemuan dengan Ketua MPR Zulkifli Hasan, mengatakan secara diplomatis bila dirinya memiliki keinginan untuk berkontribusi dalam pemerintahan. “Keinginan untuk kontribusi dalam pemerintahan. Satu kebijakan memberi manfaat bagi publik,” ujar TGB di Gedung MPR, Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (9/5).

Dalam kesempatan tersebut TGB juga berbicara soal posisinya di Partai Demokrat terkait Pemilu 2019. Menurut dia, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta seluruh kader untuk berkontribusi dengan maksimal dengan mempersilakan melakukan komunikasi dengan berbagai pihak secara efektif. “Dipersilakan membangun komunikasi yang efektif,” sebut TGB.

Saat ditanya soal kemungkinan Partai Demokrat menyorongkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam Pilpres 2019 mendatang, TGB mengatakan dirinya berbaik sangka. Menurut dia, Partai Demokrat sangat menghargai sistem. “Saya berhusnudzon,” cetus bekas politisi PBB ini.

Sementara sebelumnya Ketua MPR Zulkfili Hasan yang juga Ketua Umum PAN itu memuji kinerja TGB dalam memimpin Provinsi NTB selama dua periode. Menurut dia, TGB merupakan gubernur terbaik yang berhasil membangun daerahnya. “TGB gubernur terbaik yang berhasil membangun daerah. Bagaimana provinsi bisa maju begitu cepat,” puji Zulkifli.

Popularitas TGB sebagai kepala daerah yang dipersepsikan sebagai berhasil dalam memimpin NTB selama dua periode memang menjadi modal dasar untuk maju dalam Pilpres mendatang. Hanya saja, persoalan partai politik menjadi hal krusial bagi alumni Al-Azhar Kairo ini.

Partai Demokrat sebagai partai yang saat ini menjadi tempat berkarir politik TGB, dalam berbagai kesempatan menempatkan AHY sebagai figur yang dipromosikan sebagai pemimpin masa depan. Dengan kata lain, nasib politik TGB untuk Pemilu 2019 masih belum memiliki kejelasan. Faktor partai politik pengusung menjadi hal krusial. (inilah/ags/data1)

Check Also

ilustrasi (Ist)

“10 Juta Penduduk Belum Punya e-KTP”

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut sudah 94,2 persen penduduk yang wajib ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.