_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Mengapa Lombok Diguncang Gempa Terus Menerus?

Mengapa Lombok Diguncang Gempa Terus Menerus?

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Badan Meteorologi, Kalimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat hingga kini sudah ada sebanyak 852 gempa mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gempa susulan itu terjadi berturut-turut dan menyebabkan kurang lebih 481 jiwa meninggal.

Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sukmandaru Prihatmoko mengatakan, peristiwa gempa yang berulang dengan jeda waktu tidak lama dan dengan magnitute relatif besar sebagaimana terjadi di Lombok memang tidak lumrah.

“Biasanya setelah gempa besar akan diikuti gempa susulan yang lebih kecil sampai daerah tersebut menjadi stabil kembali,” kata Sukmandaru kepada Okezone, Senin (20/8/2018).

Sukmandaru menjelaskan, kasus yang terjadi di Lombok mulai dari tanggal 29 Jul, 5 Agustus, 19 Agustus bisa diduga berasal dari segmen tektonik yang berbeda, sehingga wajar terjadi secara berulang dengan jeda waktu tidak lama dan dengan magnitute relatif besar.

“Walaupun ketiganya masih terkait dengan patahan naik busur belakang flores atau Flores Back Arc Thrust. Para ahli geologi atau kegempaan sedang mempelajari hal ini,” pungkasnya.

Check Also

BNPB Diminta Percepat Evakuasi Korban Banjir di Sentani Papua

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: