Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Mendikbud Minta Pemerintah Segera Bangun Sekolah Darurat di Palu dan Donggala
okezone

Mendikbud Minta Pemerintah Segera Bangun Sekolah Darurat di Palu dan Donggala

agregasi

 

BOGOR – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk segera mendirikan sekolah darurat.

Menurut dia, kondisi pendidikan di Donggala dan Palu sangat memprihatinkan setelah adanya bencana gempa dan tsunami di Sulteng.

“Saya sudah pesan kepada kepala dinas untuk membangun sekolah darurat, tapi tidak dari tenda,” kata Muhadjir di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/10/2018).

Muhadjir memaparkan, saat ini terdapat sembilan bangunan sekolah dari tingkat TK hingga SMA yang ambles dan hilang di Palu. Sementara itu, tenda yang ada saat ini sudah tak cukup untuk mendirikan sekolah darurat.

Selain itu, tenda-tenda sekolah juga telah dikonsentrasikan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang juga sempat diguncang gempa.

Muhadjir pun menilai sekolah darurat bisa dibangun dahulu dengan material yang ada di lokasi bencana. “Termasuk pusing-puing yang bisa digunakan, kita bangun pembangunannya dan atapnya atau terpalnya kita kirim dari Jakarta,” jelas dia.

Pemerintah pusat akan berkomitmen untuk membantu aset-aset fasilitas pendidikan yang hilang dan rusak. Namun, bantuan aset pendidikan belum dikirim. Pasalnya, 80 persen sekolah di Palu akan direlokasi dari lokasi rawan bencana.

Muhadjir berharap para murid korban gempa bisa segara kembali belajar. Pasalnya, ia menilai, bila terlalu lama tidak belajar Kan sulit mengembalikan mental murid untuk kembali bersekolah.

Check Also

Korban Tewas Gempa-Tsunami Palu dan Donggala Kini 2.045 Orang

JAKARTA, Waspada.co.id – Proses evakuasi korban bencana gempa tsunami di Palu dan sekitarnya masih terus ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: