Breaking News
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Mendag Pantau Spekulan Harga Pangan di Ritel Modern
Istimewa
Istimewa

Mendag Pantau Spekulan Harga Pangan di Ritel Modern

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, secara keseluruhan upaya spekulatif sudah hampir tidak ada lagi. Meskipun begitu, dirinya tetap melakukan upaya untuk mencegah spekulan-spekulan khususnya pada retail modern.

“Secara keseluruhan upaya spekulatif sudah hampir enggak ada, tapi upaya tersebut sudah dilakukan karena orang yang sudah terbiasa berusaha mencari celah. Salah satu yang kita nanti, perhatikan, dan monitor betul adalah dari pasar retail modern dan para distributor ini,” ujarnya di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Senin (12/6/2017).

Dalam kesempatan tersebut, Enggar juga menjelaskan langkah-langkah dalam mengatasi masalah tahunan, yakni lonjakan harga pangan yang terjadi setiap tahun. Caranya adalah memaksa pengelola retail modern menjual bahan pangan sesuai harga acuan yang ditetapkan.

“Salah satu celahnya kita monitor betul harga di pasar modern. Karena mereka price leader, saya perhatikan betul apa kekurangan stok mereka, kita match-kan dengan distributor dan supplier, kalau ada penyimpangan kita usut. Laporan pembukuan juga berapa yang dilepas retail itu. Sehingga jangan ada dusta di antara kita,” imbuhnya.

Check Also

WOL Ilustrasi

Rupiah Menguat 31 Poin di Rp13.329 Per Dolar AS

JAKARTA, WOL – Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin (14/8) pagi, bergerak ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.