Newsticker
WOL / Warta / Mancanegara / Menangi Pemilu Belanda, PM Rutte Ejek Kandidat Anti-Islam
Perdana Menteri Belanda Mark Rutte (Foto: Michael Kooren/Reuters)
Perdana Menteri Belanda Mark Rutte (Foto: Michael Kooren/Reuters)

Menangi Pemilu Belanda, PM Rutte Ejek Kandidat Anti-Islam

Benner-Erry
agregasi
agregasi

 

DEN HAAG – Perdana Menteri (PM) petahana Belanda, Mark Rutte, dapat tersenyum lega. Sebab, berdasarkan hitung cepat, partai yang dipimpinnya kembali mendominasi parlemen. Kemenangan tersebut sekaligus menghapus kekhawatiran bahwa Negeri Tulip akan jatuh ke tangan kandidat Anti-Islam, Geert Wilders.

Partai Rakyat untuk Kebebasan dan Demokrasi (VVD) diprediksi meraih 32 dari 150 kursi di parlemen. Jumlah tersebut lebih banyak 13 kursi daripada yang diraih Partai Kebebasan (PVV) pimpinan Geert Wilders, yakni 19 kursi.

Raihan Partai PVV itu bahkan masih kalah dari Partai Kristen Demokratik (CDA) yang berjumlah 20 kursi. Sempat muncul kekhawatiran bahwa virus populisme yang tengah naik daun setelah Brexit akan menjangkiti Belanda. Namun, hasil tersebut patut disyukuri rakyat Belanda.

“Belanda berkata, ‘Wow untuk populisme yang salah.’ Kita ingin bertahan kepada jalan yang kita pilih: keamanan, stabilitas, dan kesejahteraan,” ucap Mark Rutte seraya mengejek Geert Wilders, mengutip dari Sky News, Kamis (16/3/2017).

Pemilihan anggota parlemen di Belanda memiliki arti penting karena tidak hanya akan menentukan masa depan Negeri Kincir Angin, tetapi mungkin juga Eropa dan dunia. Seberapa besar dukungan yang didapat Wilders dapat menjadi indikator bagaimana kandidat-kandidat sejenisnya akan diterima di pemilihan lain yang akan berlangsung di Prancis dan Jerman.

Isu mengenai imigrasi, Islam, globalisasi, dan Uni Eropa juga didengungkan kandidat seperti Marine Le Pen di Prancis untuk menggalang dukungan. Hasil-hasil pemilihan di Belanda, Prancis, dan Jerman, yang sering disebut negara-negara berpengaruh di Benua Biru, bisa menjadi awal dari sebuah akhir visi unifikasi Uni Eropa.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.