Newsticker
WOL / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Menaker Bakal ‘Sisir’ Tenaga Kerja Asing Ilegal
Ilustrasi: (Foto: Okezone)
Ilustrasi: (Foto: Okezone)

Menaker Bakal ‘Sisir’ Tenaga Kerja Asing Ilegal

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Beberapa waktu lalu, isu Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China ilegal cukup meresahkan tenaga kerja di Indonesia. Keberadaan mereka dianggap meresahkan bagi tenaga kerja Indonesia. karena tenaga kerja asal China bisa diupahi lebih murah.

Menanggapi hal ini, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengutarakan bahwa pada dasarnya keberadaan tenaga kerja asing di Indonesia bukanlah suatu hal yang harus dikhawatirkan. Dirinya memastikan bahwa setiap tenaga kerja asing yang berada di Indonesia merupakan tenaga kerja legal.

“Harus ada regulasi. Orang asing yang ada di Indonesia itu tidak masalah,” tuturnya di Kantor Okezone, Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Hanya saja, orang asing yang diizinkan adalah tenaga kerja yang lebih dahulu telah mendapatkan izin dari Kementerian Tenaga Kerja. Bukan tenaga kerja asing yang datang ke Indonesia dan kemudian baru mengurus izin tenaga kerja.

“Misalnya Okezone pakai tenaga ketua konsultan asing harus minta izin ke kemenaker, jadi izin mendahului orang,” jelasnya.

Hanya saja, bagi tenaga kerja asing ilegal, termasuk China, apabila terbukti melanggar ketentuan maka pemerintah akan melakukan deportasi ke negara asal. Pemerintah pun telah memiliki skema penghitungan bagi perbandingan jumlah visa wisatawan dan tenaga kerja asing di Indonesia.

“Masuknya pakai visa turis lalu kerja itu enggak boleh. Kita cek persentase turis yang hadir lalu di cek okupansi Hotel, kalau jomplang berarti ada yang salah,” tutupnya.

Baca Juga

WOL Photo

Polisi Ciduk Tukang Las Bawa Sajam

MEDAN, WOL – Kiki (25) yang sehari-harinya bekerja sebagai tukang las harus berurusan dengan aparat ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.