Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Menag: Tidak Ada Penghapusan Buku Nikah
Menag (Fadel Prayoga/Okezone)

Menag: Tidak Ada Penghapusan Buku Nikah

agregasi

 

JAKARTA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan, peluncuran kartu nikah tak akan menghapus kehadiran buku nikah. Inovasi itu diluncurkan hanya sebagai data pelengkap bagi pasangan yang sudah melangsungkan pernikahan.

“Tidak ada penghapusan buku nikah, buku nikah tetap merupakan dokumen resmi terkait pencatatan nikah,” kata Lukman di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (12/11/2018).

Tujuan adanya kartu nikah, lanjut dia, hal itu untuk mempermudah masyarakat yang sudah menikah, lalu ingin memadu kasih di suatu tempat. Nantinya, mereka tak perlu membawa buku nikah kemana-mana.

https://i0.wp.com/img-k.okeinfo.net/content/2018/11/12/337/1976617/kemenag-luncurkan-kartu-nikah-pengganti-buku-nikah-QjqOsGvqJq.jpg?resize=403%2C272&ssl=1

“Ini tambahan informasi karena ada barcode di sini yang memudahkan bagi sejumlah kalangan untuk mengetahui identitas setiap warga negara terkait status pernikahannya,” imbuh dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya juga tak mewajibkan masyarakat untuk memiliki kartu nikah. Namun, diharapkan ke depannya seluruh masyarakat dapat memiliki kartu nikah sebagai keseragaman data dalam pencocokan status pernikahan

“Jadi tidak ada kewajiban atau tidak wajib supaya fasilitasi terbitkan sebagai sebuah terobosan bagi Kementerian Agama kaitannya dengan Dukcapil. Kaitanya dengan sistem data kependudukan kita yang tentu harapanya semua kita memiliki ini,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan Okezone, Kemenag meluncuran kartu nikah sebagai pengganti buku nikah. Inovasi ini sejalan dengan peluncuran Sistem Informasi Manajemen Nikah Berbasis Website (Simkah Web).

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin, mengatakan kartu nikah dan aplikasi Simkah Web telah dilaunching Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada 8 November 2018.

“Dilauching Pak Menteri pada 8 November,” kata Muhammadiyah kepada Okezone, hari ini.

Check Also

Wapres JK: Penerbitan Kartu Nikah Supaya Lebih Efisien

JAKARTA – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengatakan penerbitan kartu nikah, sebagai pelengkap buku ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: