Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Menag Cek Pelayanan Hotel Jemaah Haji
foto: detik

Menag Cek Pelayanan Hotel Jemaah Haji

MEKAH, WOL – Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, menemui salah satu Hakim Konstitusi sekaligus Guru Besar Universitas Padang, Saldi Isra, yang ikut melaksanakan ibadah haji tahun 2017.

Pertemuan Menag dan Saldi Isra berlangsung sangat hangat di hotel tempat ia menginap. Begitu tiba, Lukman Hakim langsung menyapa Saldi Isra yang sedang asyik berbincang dengan tujuh anggota se-kamarnya. Letak hotel masih satu kawasan dengan Kantor Daker Mekah, tempat menteri agama tinggal dan bekerja.

“Kami berdelapan. Tapi di sini sebenarnya enam orang Pak Menteri. Kamar saya sebenarnya di lantai lima. Hanya karena kemenakan saya ada di sini, jadi saya dan teman ikut pindah ke sini saja,” kata Saldi Isra seperti dilansir dari laman viva.co.id, Sabtu (26/8).

Suasana penuh akrab langsung terjalin di antara keduanya. Bersama jemaah lain. Mereka duduk lesehan dan berbincang. Canda kadang mengiringi obrolan mereka. Sebagaimana jemaah pada umumnya, kesempatan bertemu menag dimanfaatkan untuk menyampaikan saran dan masukan.

“Kamar bagus. Air, makanan dan lainnya tidak ada masalah di sini. Kami tidak ada keluhan air. Bahkan air minum sampai tidak terminum. Makan di sini terbilang mewah. Orang Padang paling bawa sambel saja,” terangnya.

Tapi bukan berarti semua sempurna, Saldi Isra menginformasikan kalau lift yang ada kapasitasnya sangat minim. Saat waktu shalat antrean lift bahkan bisa mencapai 1 jam. “Itu saja keluhannya,” ujarnya.

Keluhan lainnya yang disampaikan kepada Menag terkait petugas resepsionis yang hanya bisa berbahasa Arab, tidak bisa Bahasa Indonesia dan Inggris. Hal ini menurutnya menyulitkan proses komunikasi saat ada masalah. Misalnya kunci terbawa jemaah lainnya. Tapi Saldi, menilai biaya haji tahun ini sangat murah. Dengan biaya haji sekitar Rp32,8 juta, lalu dikembalikan sebesar 1.500 riyal untuk living cost serta dikembalikan juga biaya pembuatan paspor, dapat dibilang sangat murah.

Menanggapi hal itu, Menag Lukman Hakim Saifuddin, menjelaskan bahwa biaya haji sebenarnya lebih dari Rp40 juta. Hanya, sebagian dari biaya itu ditanggulangi dari nilai manfaat hasil optimalisasi dana haji.

Menag kemudian menceritakan kalau ia tinggal di kantor Daker Mekah, tidak jauh dari hotel tempat Guru Besar Universitas Padang itu menetap. Setelah berbincang selama 15 menit, Menag pun pamit. “Sebelah hotel Bapak. Kamar Bapak jauh lebih baik dari kamar saya,” katanya disambut tawa oleh Saldi Isra dan jamaah haji lainnya.

Sebagai informasi, Hotel Surra Man Ra’a yang ditempati Saldi, memiliki kapasitas lebih dari 1.500 dan dilengkapi dengan empat buah lift, masing-masing dua sisi kiri dan kanan. (viva/mrz/data1)

Check Also

Faizal Assegaf: Pertemuan Fadli Zon, Fahri Hamzah dan Habib Rizieq Tak Memberikan Pengaruh

  JAKARTA – Ketua Progres 98 Faizal Assegaf menganggap pertemuan antara Fadli Zon, Fahri Hamzah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: