_
Home / Fokus Redaksi / Membaca Arah Politik ‘Dua Hati’ Demokrat
Foto: Presiden Joko Widodo bertemu dengan Komandan Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. (Dok. Biro Pers Setpres/Rusman)

Membaca Arah Politik ‘Dua Hati’ Demokrat

JAKARTA, Waspada.co.id – Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Kepresidenan memantik pertanyaan, apakah Demokrat akan pindah gerbong koalisi?

Pada Pilpres 2019, Demokrat berada dalam barisan koalisi pendukung Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Usai Pilpres, Demokrat diprediksi akan bermanuver dan kemungkinan merapat ke gerbong koalisi Jokowi-Ma’ruf.

Direktur Eksekutif Charta Politica Yunarto Wijaya tak heran jika AHY, atas nama Demokrat, mulai merapat ke Jokowi. Menurutnya, Demokrat dulu juga terpaksa bergabung dengan koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno lantaran kala itu pintu sudah ditutup oleh koalisi Jokowi-Ma’ruf.

Kali ini, kata Yunarto, Demokrat ingin melanjutkan komunikasi yang dulu sempat terbangun untuk menjalin kerja sama. Bedanya, konteks kerja sama tidak lagi untuk menghadapi kompetisi, melainkan demi berada dalam satu payung kabinet 2019-2024.

“Pertemuan antara Jokowi dan AHY tidak ada yang aneh. Banyak yang menerka ujungnya akan seperti ini jika Jokowi menang,” ucap Yunarto, Kamis (2/5).

Berdasarkan hitung cepat sejumlah lembaga survei, pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul atas Prabowo-Sandiaga. Namun, Prabowo-Sandiaga juga mengklaim menang dalam Pilpres berdasarkan hasil perhitungan internal tim Badan Pemenangan Nasional (BPN).

Yunarto menganggap Demokrat mengambil langkah yang tepat andai memutuskan bergabung menjadi bagian pemerintahan selanjutnya. Menurut Yunarto, popularitas AHY akan terkerek jika menjadi anggota kabinet.

Dengan begitu, Demokrat dapat memanen AHY yang sudah lebih populer untuk berkontestasi di Pilpres 2024. Setelah itu, tinggal memoles kembali dalam rangka meningkatkan elektabilitas.

Check Also

DPR Sahkan Pansus Pemindahan Ibu Kota Dalam Rapat Paripurna

JAKARTA – Dalam Rapat Paripurna ke-8 masa persidangan I tahun 2019-2020, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.