Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Media Harus Selalu Verifikasi Data
WOL Photo
WOL Photo

Media Harus Selalu Verifikasi Data

PALEMBANG, WOL – Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo, mengingatkan jurnalis di Tanah Air senantiasa wajib melakukan verifikasi terhadap segala informasi sebelum menyiarkan berita.

Hal ini disampaikan saat menjadi pemateri Industri Sawit dan Pemberitaan Pers pada Sustainable Palm Oil Master Class II yang digelar oleh Sinarmas Agribusiness and Food di Hotel All Nite & Day Palembang, Rabu (6/12).

Kepada 20 jurnalis yang berasal dari Pulau Sumatera, Yosep menegaskan proses verifikasi amat penting dalam kegiatan jurnalistik. Adapun empat langkah verifikasi meliputi pemeriksaan, pengujian, pembuktian, dan klarifikasi/konfirmasi.

“Jurnalis harus ingat fungsinya sebagai penyampai informasi kepada publik. Informasi harus jelas dan objektif agar mudah dipahami publik serta menyertakan kebenaran,” sebut Yosep.

Selain itu, Yosep juga mengingatkan pentingnya jurnalis meningkatkan profesionalitas dan kompetensi masing-masing. Hal ini diperlukan bagi jurnalis guna menghindari kesalahan informasi maupun delik pers.

“Wartawan juga harus skeptis terhadap informasi yang diterima. Jangan mudah percaya, apalagi kalau tidak langsung dari sumbernya. Harus konfirmasi sendiri sampai dapat,” pesannya.

Pada workshop ini, Sinarmas Agribusiness and Food juga menghadirkan Dwi Setyo Irawanto dan M Taufiqurahman sebagai pemateri. (wol/aa/data1)
Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

WOL Photo/Ridin

Jurnalis Pemprovsu Belajar Geopark di Bali

DENPASAR, WOL – Pemeintah Provinsi Bali menyambut baik kunjungan para wartawan/jurnalis yang bertugas di kantor ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.