Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Maybank Dorong Ekonomi Penyandang Disabilitas Melalui program RISE
WOL Photo

Maybank Dorong Ekonomi Penyandang Disabilitas Melalui program RISE

MEDAN, WOL – Mendorong pemberdayaan ekonomi berkelanjutan bagi komunitas penyandang disabilitas di Medan, Maybank berikan program Reach Independence & Sustainable Entrepreneurship (RISE).

Program tersebut dilakukan melalui pelatihan RISE yang merupakan program pembinaan kewirausahaan (entrepreneur mentorship) kepada para penyandang disabilitas, yang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kapabilitas usaha mikro-UKM sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitarnya.

Head Corporate Communications & Branding Maybank Indonesia, Esti Nugraheni, menuturkan program RISE menerapkan metode pelatihan 3 (tiga) hari. Setelah itu dilanjutkan dengan program mentoring terstruktur kepada para penerima manfaat selama 3-6 (tiga-enam) bulan.

“Selama masa pelatihan, para peserta penyandang disabilitas dibekali dengan pengetahuan pengelolaan keuangan, strategi pemasaran dan perubahan pola pikir (mindset),” tuturnya kepada Waspada Online di Medan, Rabu (11/4).

Dalam masa mentoring, para peserta akan didampingi mentor secara personal dalam upaya meningkatkan pendapatan dan kapasitas usaha, yang pada akhirnya bertujuan meningkatkan taraf hidup para penyandang disabilitas.

“Pelatihan RISE di Medan diikuti 75 penyandang disabilitas yang memiliki beragam lini usaha, mulai dari berjualan koran, usaha katering, pedagang warung/toko, jasa perbaikan elektronik, perajin genting, penjahit, pengepul barang bekas bahkan di antara peserta juga ada yang belum memiliki usaha namun mempunyai keinginan kuat untuk membuka usaha kecil-kecilan,” jelasnya.

Pelaksanaan program RISE di Medan ini merupakan keberlanjutan dari rangkaian program untuk memberikan pelatihan kepada 2.000 penyandang disabilitas yang akan dilakukan selama dua tahun ke depan, di sedikitnya tujuh kota di Indonesia.

Ia menambahkan awal 2018 Maybank Indonesia telah memberikan pelatihan di Yogyakarta, Malang dan Solo dengan jumlah peserta sebanyak 332 orang.

“Pemberdayaan ekonomi merupakan salah satu fokus corporate responsibility Maybank Indonesia. Selaras dengan misi humanising financial services, Maybank Indonesia secara konsisten memberikan perhatian kepada individu maupun komunitas wirausaha penyandang disabilitas dengan berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan semangat pantang menyerah, percaya diri serta meningkatkan keterampilan hingga meningkatkan kapasitas usaha untuk mencapai masa depan yang mandiri dan sejahtera melalui program RISE,” tambahnya.

“Kami berharap program ini dapat membangun dan meningkatkan kapabilitas usaha mikro-UKM sehingga dapat memberikan dampak positif bagi komunitas di sekitarnya,” pungkasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

BPH Migas-Polri Perkuat Sinergisitas Pengawasan Distribusi BBM

MEDAN, Waspada.co.id – Melakukan pengawasan dalam penyediaan dan pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) di tengah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: