_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Mau Buat Smart SIM, Begini Caranya
Ilustrasi (Foto: Okezone)

Mau Buat Smart SIM, Begini Caranya

JAKARTA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi meluncurkan Smart Surat Izin Mengemudi (Smart SIM) dan aplikasi SIM online. Smart SIM disebut sebagai terobosan yang dikeluarkan Korps Bhayangkara untuk memberikan kemudahan pelayanan masyarakat berbasis IT.

Smart SIM berbeda dengan SIM sebelumnya. Pada SIM jenis baru ini desain kartunya berubah dan fungsinya juga bertambah. Satu di antaranya bisa untuk pembayaran nontunai semacam uang elektronik.

Dilansir dari video yang diunggah akun Instagram resmi Polda Metro Jaya @tmcpoldametro, SIM online telah terhubung di 34 kepolisian daerah (Polda), 456 Satpas SIM, 378 SIM keliling dan 55 gerai SIM. Seluruh pelayanan terintegrasi di pusat data SIM Korlantas Polri.

Untuk mendaftar SIM online bisa memulainya dengan mengakses website resmi sim.korlantas.polri.go.id. Lalu pilih layanan dan registrasi online. Kemudian mengisi form permohonan seperti jenis permohonan SIM baru atau perpanjangan, golongan SIM, alamat email, Polda kedatangan dan Satpas kedatangan.

“Lalumasukkan data pribadi. Pemohon wajib mencantumkan nomor aktif. Jika memasukkan nomor yang salah, maka aplikasi Smart SIM tak dapat diaktivasi,” demikian keterangan Polri seperti dilansir dari video yang diunggah akun Instagram @tmcpoldametro.

Pemohon kemudian bisa memilih tanggal kedatangan dan menyetujui untuk melakukan registrasi. Setelah semua selesai, pemohon diminta melakukan pembayaran registrasi SIM online pada bank BRI dengan memasukkan kode bayar yang tertera pada website.

“Waktu pembayaran hanya tiga jam dari registrasi. Jika tidak, maka harus registrasi dari awal lagi.”

Setelah pemohon melakukan pembayaran, maka kode registrasi akan dikirimkan lewat layanan pesan singkat (SMS) atau surat elektronik alias email. Dengan melakukan registrasi SIM online, pemohon tidak perlu antre lagi saat mendaftar pembuatan SIM.

适适

Check Also

Korlantas Polri Bakal Luncurkan Smart SIM

  JAKARTA – Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) dalam waktu dekat akan meluncurkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.