Home / Warta / Mancanegara / Mau Buang Smartphone, Duterte: CIA Menyadap dan Mungkin Membunuh Saya
Foto: Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. (Foto: Reuters)

Mau Buang Smartphone, Duterte: CIA Menyadap dan Mungkin Membunuh Saya

MANILA,Waspada.co.id – Presiden Filipina Rodrigo Duterte mempertimbangkan untuk membuang ponsel pintarnya karena khawatir dinas intelijen Amerika Serikat (CIA) mendengar semua pembicaraannya dan akan menggunakan informasi yang didapat untuk membunuhnya.

“Saya tahu, AS mendengarkan. Saya yakin itu CIA yang juga akan membunuh saya, ” kata Duterte di Kota Cebu pada Selasa sebagaimana dilansir RT, Rabu (22/8/2018).

Untuk mencegah kemungkinan penyadapan ponsel pintar oleh kekuatan luar, yang menurut Duterte bisa termasuk “Rusia, China, Israel, dan mungkin Indonesia,” mantan Wali Kota Davao itu mempertimbangkan untuk kembali menggunakan ponsel dasar, yang lebih sulit disadap dan dicegat.

Duterte sebelumnya pernah mengatakan bahwa Washington ingin menyingkirkannya karena kebijakan luar negerinya yang independen dan kesediaannya untuk membeli senjata dari pemasok senjata global selain AS.

Penolakan Washington untuk menjual senapan serbu kepada Manila, karena keprihatinan tentang catatan hak asasi manusia negara itu, telah memaksa Duterte mencari pemasok baru. Filipina yang selama ini bergantung pada AS untuk menyuplai senjatanya telah beralih kepada China dan Rusia untuk mengisi kekosongan itu.

Pada Selasa, Duterte membela keputusannya untuk meninggalkan AS dan mencari pemasok senjata baru. Dia juga menekankan bahwa Washington tidak pernah memperlakukan Manila layaknya mitra yang setara dengan menjual senjata bekas kepada Filipina sementara China dan Rusia menawarkan senjata-senjata baru. (wol/okz/data1)

Check Also

Ini Alasan Pihak Kebun Binatang Putar Video Porno untuk Panda

ADELAIDE, Waspada.co.id – Pengelola Kebun Binatang Adelaide, Australia, kini berpacu dengan waktu untuk membuat kedua ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: