Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Mata Kanan Novel Baswedan Kemungkinan Akan Dioperasi jika Semakin Buruk
Penyidik KPK, Novel Baswedan (foto: Heru/Okezone)

Mata Kanan Novel Baswedan Kemungkinan Akan Dioperasi jika Semakin Buruk

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah mengatakan, mata kanan penyidik senior lembaga antirasuah, Novel Baswedan, kemungkinan akan dioperasi kembali jika kondisinya semakin memburuk.

“Jika kondisi memburuk, maka (mata kanan) akan dilakukan operasi seperti halnya mata kiri,” kata Febri dikantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (21/5/2018).

Hal itu diungkapkan Febri, setelah Novel menjalani pemeriksaan kembali terhadap kedua matanya pada hari ini, di Rumah Sakit di Singapura. Berdasarkan laporan dari tim dokter, kata Febri, perkembangan kondisi mata kiri Novel sudah mulai membaik.

“Penglihatan mata kiri bagian atas yang tadinya tidak terlihat sekarang sudah terlihat. Penglihatan kiri semakin jelas tetapi beberapa permasalahan sebelumnya masih tetap yaitu lebar pandangan yang sempit dan pandangan berbayang,” terangnya.

Novel Baswedan

Ditambahkan Febri, persoalan gelapnya penglihatan di mata kiri Novel karena masalah syaraf yang lemah dan perlu dilihat perkembangannya ke depan. Oleh karenanya, mata kiri Novel akan ditindaklanjuti oleh dokter ahli glaukoma.

“Hal yang perlu diperhatikan adalah menjaga tekanan bola mata kiri tidak tinggi karena hal itu bisa memperburuk saraf mata kiri yang lemah tentang hal tersebut akan ditindaklanjuti oleh dokter ahli glukoma,” terangnya.

Sedangkan terhadap perkembangan mata kanan Novel Baswedan, luka carutan semakin bertambah. Kata Febri, respon dokter terhadap mata kanan Novel belum ada yang bisa dilakukan hanya menjaga agar kondisinya tidak menurun.

Namun, jika kondisi mata kanan Novel Baswedan semakin memburuk, maka tim dokter akan melakukan operasi seperti halnya yang dilakukan terhadap mata kiri. Mata Novel pun akan kembali diperiksa ‎pada esok hari.

“Besok dijadwalkan dilakukan pemeriksaan dengan dokter ahli glaukoma untuk cek kondisi lensa mata,” ujarnya.

Sekadar informasi, penyidik senior KPK, Novel Baswedan mengalami kerusakan mata dan hampir buta setelah disiram air keras oleh orang tidak dikenal pada, 11 April 2017, lalu, di kawasan rumahnya di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Novel sudah menjalani operasi besar sebanyak dua kali. Pada operasi pertama, mata kanan Novel Baswedan mulai bisa melihat dan mengalami perbaikan yang signifikan. Dan mata kiri sudah mulai ada perkembangan yang baik.

Meskipun sudah mengalami perkembangan yang signifikan terhadap mata Novel, sayangnya jajaran Kepolisian belum juga berhasil ‎mengungkap siapa dalang maupun pelaku penyiraman air keras kepada Novel Baswedan. Padahal, pihak kepolisian sudah merilis sketsa dua terduga pelaku penyerangan terhadap Novel.

Check Also

Presiden Tak Juga Bentuk TGPF, Novel: Jangan-Jangan Memang Ada yang Ditutup-tutupi

  JAKARTA – Penyidik Senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mempertanyakan sikap Presiden Joko ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: