Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Masjid Agung Al Azhar Gelar Shalat Idul Adha Pagi Ini
Foto : viva

Masjid Agung Al Azhar Gelar Shalat Idul Adha Pagi Ini

JAKARTA, Waspada.co.id – Masjid Agung Al Azhar di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, melaksanakan salat Idul Adha hari ini, Selasa (21/8).

Perayaan Idul Adha yang digelar Al Azhar ini lebih cepat satu hari dari pemerintah yang menetapkan Idul Adha jatuh pada esok hari. Pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid Agung Al Azhar diumumkan lewat akun twitter resminya, @maalazhar.

Dalam pengumuman itu disebutkan bahwa salat Idul Adha akan digelar di Lapangan Masjid Agung Al Azhar mulai pukul 06.30 WIB. Salat akan dipimpin oleh Agus Nur Qowim. Sedangkan khatib salat adalah KH. Mahfudh Makmun.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan 1 Dzulhijah 1439 Hijriah pada Senin, 13 Agustus sehingga 10 Dzulhijah atau Hari Raya Idul Adha jatuh pada Rabu, 22 Agustus.

Penetapan tersebut disampaikan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Muhammadiyah Amin mewakili Menteri Agama usai sidang Itsbat penetapan awal Zulhijjah di Jakarta, pada 11 Agustus lalu.

Sidang Itsbat yang dihadiri oleh sejumlah pimpinan ormas Islam, MUI dan sejumlah perwakilan negara sahabat menyatakan, sesuai laporan, posisi hilal di seluruh Indonesia masih berada di bawah ufuk.

“Petugas rukyatul hilal sampai sidang Itsbat ini berlangsung, tidak satupun di antara mereka menyaksikan hilal,” ujar Muhammadiyah Amin

“Dari segi hisab dan rukyatul hilal, maka sebagaimana yang dipedomani berdasarkan Fatwa MUI Nomor 2 tahun 2004 tentang penentuan awal Ramadhan, Syawal dan Zulhijjah. Bulan Zulqa’idah 1439 Hijriyah kita sempurnakan, dengan cara istikmal atau digenapkan menjadi 30 hari. Dengan demikian tanggal 1 Zulhijjah jatuh pada hari Senin 13 Agustus 2018, dan tanggal 10 Zulhijjah 1439 H jatuh pada Rabu 22 Agustus 2018,” kata Muhammadiyah Amin. (inilah/ags/eli)

Check Also

Kenapa Penetapan Idul Adha 1439 H Berbeda-beda? Ini Penjelasan Kemenag

  JAKARTA, Waspada.co.id– Hari Raya Idul Adha pada 10 Dzulhijjah 1439 Hijriah ditetapkan berbeda-beda di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: