_
Home / Warta / Politik / Ma’ruf Amin Sebut Kabinet Jokowi Masih Disempurnakan
KH Ma'ruf Amin. (Ist)

Ma’ruf Amin Sebut Kabinet Jokowi Masih Disempurnakan

JAKARTA, Waspada.co.id – Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 Ma’ruf Amin mengatakan proses penyusunan struktur kabinet menteri periode kedua Joko Widodo masih dalam proses penyempurnaan sehingga masih belum dapat diumumkan.

“(Kabinet) sekarang masih disempurnakan-disempurnakan,” ujar Ma’ruf usai menjenguk Menkopolhukam Wiranto di Paviliun Kartika, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta, seperti dilaporkan Antara, Minggu (13/10).

Ma’ruf meminta publik untuk bersabar menanti nama-nama menteri yang masuk dalam kabinet pemerintahan dirinya dan Presiden terpilih Joko Widodo.

“Nanti lah kalau sudah saatnya. Tunggu saja,” ujar Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu.

Terkait pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024 yang akan digelar pada 20 Oktober mendatang, Ma’ruf mengaku tidak memiliki persiapan khusus.

“Soal pelantikan ya persiapan dilantik saja,” ucap dia.

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada 20 Oktober dijadwalkan menggelar pelantikan terhadap Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih hasil pemilihan umum 2019.

Mundur dari MUI
Ma’ruf sendiri meminta agar musyawarah nasional (munas) MUI dipercepat agar dirinya bisa segera menanggalkan jabatan sebagai Ketua Umum MUI.

“Mungkin munasnya dipercepat supaya nanti terus ada pimpinan yang baru karena nanti saya tidak boleh lagi merangkap ketua umum,” ujar Ma’ruf.

Ma’ruf melontarkan pernyataan tersebut untuk menjawab adanya desakan dari sejumlah daerah pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V di Nusa Tenggara Barat, 11-13 Oktober 2019, untuk meminta Ketua dirinya mundur dari jabatannya pascadilantik menjadi Wakil Presiden RI pada 20 Oktober 2019.

Pergantian ketua umum baru bisa dilakukan pada musyawarah nasional. Ma’ruf mengklaim dirinya akan mengikuti kehendak dari para perwakilan daerah yang menginginkan dirinya untuk mundur.

Ungkap Kondisi Wiranto
Ma’ruf mengatakan dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi kondisi kesehatan dari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto akan segera pulih.

“Saya lihat kondisinya sudah membaik. Menurut dokternya itu sudah dalam proses penyembuhan, Insya Allah tidak lama lagi beliau akan pulih,” ujar Ma’ruf.

Ma’ruf mengatakan kondisi Wiranto telah berangsur membaik. Dalam kunjungannya selama 15 menit itu dia mengaku sempat berbincang-bincang beberapa saat dengan Mantan Panglima ABRI tersebut. Menurut dia, Wiranto cukup lancar menjawab pertanyaan-pertanyaan darinya.

“Beliau bicara lantang, lancar. Alhamdulillah sudah baik, dan mudah-mudahan tidak lama lagi akan langsung pulang,” ucap Ma’ruf. (antara/ags/data1)

适适

Check Also

Prabowo Minta Saran Luhut: Beliau Senior Saya

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.